Aktor Hollywood Ikut Mogok Kerja, Imbas Produksi Film dan Serial Terhenti

JAKARTA - Para aktor Hollywood memutuskan mogok kerja sebagai bentuk dukungan kepada serikat pekerja yang dilakukan Writers Guild of America (WGA) selama beberapa bulan. Serikat pekerja yang gagal menemui titik tengah terus bersuara untuk mendapat kesepakatan dengan rumah produksi dan pihak studio.

Beberapa produksi mengalami imbas terhenti setelah para aktor bergabung dengan Writers Guild of America dalam aksi Writers Strike. 160 ribu pelaku seni yang terdiri dari aktor, presenter, DJ, jurnalis bergabung meminta pemerataan upah dan kondisi kerja yang lebih baik di tengah perubahan Hollywood oleh platform streaming dan kecerdasan buatan atau AI.

Deadpool 3 menghentikan produksi syuting dan para pemain ikut mogok SAG-AFTRA. Hal ini dilakukan sehari setelah Marvel Studio merilis tampilan perdana film yang memperlihatkan Ryan Reynolds dan Hugh Jackman sebagai Deadpool dan Wolverine.

Premiere film Oppenheimer di Amerika Serikat juga dibatalkan meski filmnya akan tetap tayang. Para aktor tidak menghadiri karpet merah yang dijadwalkan pada 17 Juli mendatang.

“Sebagai bentuk dukungan kepada SAG Strike, pembuat film Oppenheimer tidak bergabung dengan premiere di New York sesuai rencana awal, tapi filmnya akan tayang untuk merayakan kerja keras kru yang berkontribusi membuat film ini,” kata pihak Universal Pictures.

Pemain Oppenheimer yaitu Cillian Murphy, Matt Damon, Emily Blunt, dan Florence Pugh yang sempat hadir di karpet merah premiere di Inggris tidak menghadiri acara screening.

Selain itu, produksi film Wicked juga dihentikan seiring tersebarnya foto set lokasi yang sepi. Ariana Grande sebagai salah satu pemain menyuarakan dukungan untuk SAG Strike melalui Instagram Story.

Produksi film Gladiator 2 yang diperankan Paul Mescal, Pedro Pascal, Denzel Washington dan Connie Nielsen di Malta juga terhenti hingga aksi mogok berhenti. Film ini direncanakan tayang secara teatrikal pada November 2024.

Venom 3 yang baru memulai produksi di Spanyol juga dihentikan. Film ini dibintangi oleh Tom Hardy, Juno Temple, dan Chiwetel Ejiofor.

Film Dune: Part Two yang seharusnya tayang di San Diego: Comic-Con juga batal dikarenakan mogok SAG-AFTRA.

Sejumlah aktor menyuarakan dukungan mereka kepada mogok SAG-AFTRA. Jason Sudeikis, Susan Sarandon, Olivia Wilde, Paul Dano, Zoe Kazan, Allison Janney, Tatiana Maslany, Josh Gad, Carrie Preston serta Rosario Dawson terlihat berada di Los Angeles dan New York.

Hal ini diprediksi akan terus berlanjut mengingat belum ada kesepakatan di antara pihak penulis dan aktor serta studio.