Tesla Hadapi Penyelidikan karena Pernyataan yang Menyesatkan tentang Sistem Autopilot
JAKARTA - Tesla Inc sedang dalam penyelidikan kriminal di Amerika Serikat atas klaim bahwa kendaraan listrik perusahaan yang dipimpin Elon Musk ini dapat mengemudi sendiri.
Departemen Kehakiman AS meluncurkan penyelidikan yang sebelumnya tidak diungkapkan pada tahun lalu menyusul lebih dari selusin kecelakaan. Kecelakaan ini beberapa di antaranya fatal, yang melibatkan sistem bantuan pengemudi Tesla Autopilot, yang diaktifkan selama kecelakaan.
Pada awal 2016, materi pemasaran Tesla telah menggembar-gemborkan kemampuan Autopilot ini. Pada konferensi pers tahun itu, Elon Musk, kepala eksekutif pembuat mobil asal Silicon Valley ini, menggambarkannya sebagai teknologi "mungkin lebih baik" daripada pengemudi manusia.
Pekan lalu, Musk mengatakan dalam pertemuan pers bahwa Tesla akan segera merilis versi upgrade dari perangkat lunak "Full Self-Driving" yang memungkinkan pelanggan melakukan perjalanan "ke tempat kerja, rumah teman, ke toko kelontong tanpa perlu si pengemudi menyentuh kemudi."
“Orang di kursi pengemudi hanya ada di sana karena alasan hukum. Dia tidak melakukan apa-apa. Mobil itu mengemudi sendiri,” ungkap video di situs web perusahaan Tesla.
Namun, perusahaan juga telah secara eksplisit memperingatkan pengemudi bahwa mereka harus tetap memegang kemudi dan menjaga kendali kendaraan mereka saat menggunakan sistem Autopilot.
Teknologi Tesla dirancang untuk membantu perubahan kemudi, pengereman, kecepatan, dan jalurnya. “Akan tetapi fitur-fiturnya "tidak membuat kendaraan menjadi otonom," kata perusahaan itu di situs webnya.
“Peringatan semacam itu dapat memperumit kasus apa pun yang mungkin ingin diajukan oleh Departemen Kehakiman,” ungkap sebuah sumber kepada Reuters.
Tesla, yang membubarkan departemen hubungan medianya pada tahun 2020, tidak menanggapi pertanyaan tertulis dari Reuters pada Rabu, 26 Oktober. Musk juga tidak menanggapi pertanyaan tertulis yang meminta komentar lainnya. Seorang juru bicara Departemen Kehakiman juga menolak berkomentar tas laporan itu.
Musk mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Automotive News pada tahun 2020 bahwa masalah yang terjadi dalam Autopilot berasal dari pelanggan yang menggunakan sistem dengan cara yang bertentangan dengan instruksi Tesla.
Regulator keselamatan Federal dan California sudah meneliti apakah klaim tentang kemampuan Autopilot dan desain sistem mengilhami pelanggan dengan rasa aman yang salah, mendorong mereka untuk memperlakukan Tesla sebagai mobil yang benar-benar tanpa pengemudi dan menjadi puas di belakang kemudi dengan konsekuensi yang berpotensi mematikan.
Penyelidikan Departemen Kehakiman berpotensi mewakili tingkat pengawasan yang lebih serius karena kemungkinan tuntutan pidana terhadap perusahaan atau eksekutif individu di Tesla.
また読む:
Sebagai bagian dari penyelidikan terbaru, jaksa Departemen Kehakiman di Washington dan San Francisco sedang memeriksa apakah Tesla menyesatkan konsumen, investor, dan regulator dengan membuat klaim yang tidak didukung tentang kemampuan teknologi bantuan pengemudinya.
Pejabat yang melakukan penyelidikan mereka pada akhirnya dapat mengajukan tuntutan pidana, mencari sanksi perdata. Namun juga bisa menutup penyelidikan tanpa mengambil tindakan apa pun.
Penyelidikan Autopilot Departemen Kehakiman tidak merekomendasikan tindakan apa pun sebagian karena bersaing dengan dua investigasi DOJ lainnya yang melibatkan Tesla. Penyelidik masih memiliki banyak usaha yang harus dilakukan dan tidak ada keputusan atas tuduhan yang akan segera diambil..
Departemen Kehakiman juga mungkin menghadapi tantangan dalam membangun kasusnya, karena peringatan Tesla tentang ketergantungan yang berlebihan pada Autopilot.
Misalnya, setelah penjelasan kepada investor pekan lalu bahwa Teslas akan segera melakukan perjalanan tanpa pelanggan menyentuh kontrol, Musk menambahkan bahwa kendaraan masih membutuhkan seseorang di kursi pengemudi. “Sepertinya kami tidak mengatakan bahwa itu cukup siap untuk tidak memiliki siapa pun di belakang kemudi,” kata Musk kala itu.
Situs web Tesla juga memperingatkan bahwa, sebelum mengaktifkan Autopilot, pengemudi harus terlebih dahulu setuju untuk "menjaga tangan Anda di kemudi setiap saat" dan untuk selalu "mempertahankan kendali dan tanggung jawab atas kendaraan Anda."
Barbara McQuade, mantan pengacara AS di Detroit yang menuntut perusahaan otomotif dan karyawan dalam kasus penipuan dan tidak terlibat dalam penyelidikan saat ini, mengatakan penyelidik kemungkinan perlu mengungkap bukti seperti email atau komunikasi internal lainnya yang menunjukkan bahwa Tesla dan Musk membuat pernyataan yang menyesatkan, tentang kemampuan Autopilot dengan sengaja.