Partager:

JAKARTA - Menjaga keamanan ribuan penonton di stadion sepak bola bukanlah hal yang mudah. Penjagaan yang ketat oleh manusia bisa saja lengah, karena itu dibutuhkan kamera CCTV. Kamera CCTV ini juga berfungsi untuk menjadi barang bukti alih-alih kejadian seperti di Kanjuruhan terjadi lagi.  

Pada Sabtu, 1 Oktober kemarin telah terjadi tragedi Kanjuruhan yang berlangsung usai pertandingan Arema vs Persebaya dengan skor akhir 2-3. 

Kekalahan Arema menyebabkan suporter yang berjuluk tim Singo Edan ini masuk area lapangan. Kerusuhan semakin memanas karena aksi aparat yang menembakkan gas air mata. 

Banyak suporter yang pingsan hingga sulit bernapas karena itu. Menurut keterangan Polda Jatim, sebanyak 127 orang meninggal dunia termasuk 2 anggota Polri. 

Dalam kasus tersebut, CCTV sangat berperan penting untuk mencari bukti yang kuat terkait dengan bagaimana awal dari kejadian, dan apa pemicunya. 

Pentingnya CCTV di Stadion

Melansir dari Throne UK, dalam pagelaran pertandingan besar sepak bola seperti FIFA, teknologi pengawasan video adalah alat yang paling vital, untuk memantau serta merekam aktivitas orang banyak.

Rata-rata, masalah umum di stadion besar adalah kepadatan penduduk, perilaku mabuk, kekerasan, keselamatan publik, keselamatan peserta, dan terorisme. 

Dengan memiliki CCTV, berarti insiden dapat ditangani dengan cepat dan rekaman video disimpan dari insiden tersebut. Rekaman video yang bagus mungkin diperlukan untuk tindakan hukum apa pun yang mungkin diambil.

CCTV Seperti Apa yang Diperlukan untuk Stadion?

Melansir dari Athletic Business, ada beberapa teknologi yang harus ada dalam CCTV yang digunakan di stadion, teknologi tersebut adalah:

  • Resolusi

Hal pertama adalah kualitas video. Resolusi video telah berkembang dari 720 piksel menjadi 1080p, sekarang hingga 4k. Ketika berbicara tentang olahraga dan penyiaran profesional, kebanyakan hal seperti Super Bowl dan Piala Dunia disiarkan dalam 720p, tetapi 4k adalah standar HDTV.

Resolusi video yang tinggi berguna untuk mendapatkan kejelasan yang dibutuhkan untuk pengenalan gambar, operator kamera menggunakan teknologi pan, tilt dan zoom, yang membutuhkan pengetahuan di mana mencarinya dan kapan mendapatkan gambar yang dapat digunakan.

  • Kecepatan Bingkai

Agar sesuai dengan standar HDTV, kamera Anda harus mampu merekam setidaknya 30 frame per detik (fps). Sama seperti resolusi yang lebih tinggi, kecepatan bingkai yang lebih tinggi berkontribusi pada video yang lebih halus dan lebih jelas.

  • Jaringan dan Penyimpanan

Kamera mewakili sebagian kecil dari keseluruhan biaya sistem pengawasan, dengan biaya untuk kabel dan server penyimpanan bertambah dengan cepat. 

Kapasitas penyimpanan server juga merupakan bidang teknologi yang meningkat, tetapi untuk saat ini, fasilitas masih harus membuat pilihan tentang data apa yang ingin mereka simpan dan apa yang ingin mereka buang. 

Untuk area pengawasan yang lebih kecil dan berisiko rendah, penyimpanan yang sama dapat dicapai dengan kartu SD yang dipasang ke kamera. 

Sedangkan untuk area seperti sekolah menengah, investasi dalam penyimpanan dapat diminimalkan dengan bekerja dengan sistem pengawasan yang ada. Anda mungkin bisa meletakkannya di sistem sekolah dan tidak memerlukan server sendiri. 

  • Kompresi Video

Kecepatan bingkai yang lebih tinggi akan menghasilkan ukuran file yang lebih besar dan penyimpanan yang lebih besar juga. Tetapi, dengan kemajuan dalam teknologi kompresi video mengerjakan ulang persamaan itu.

Standar kompresi baru menjanjikan untuk mengurangi bandwidth dan penyimpanan hingga 50 persen dan sedang digunakan di dunia elektronik konsumen, meskipun belum menjadi standar. 

  • Sensitivitas Cahaya

Tingkat cahaya yang ekstrim dapat merusak kemampuan kamera untuk menangkap gambar yang jelas. Namun, ada banyak teknologi yang dapat meminimalisir cahaya rendah. 

Ada teknologi yang disebut light finder, ini memungkinkan kamera untuk memberikan citra warna hingga di bawah satu lux adalah ruangan gelap, nol lux adalah ketiadaan cahaya. Sebagian besar kamera default ke hitam dan putih dalam kondisi tersebut.

Dalam kondisi cahaya yang terang, teknologi ini memungkinkan kamera untuk menyesuaikan dan menyaring lebih banyak cahaya daripada mengembalikan gambar yang pudar.

  • Perangkat Lunak

Perangkat keras dan perangkat lunak tidak saling bergantung. Pilihan untuk perangkat lunak dalam sistem pengawasan terus sangatlah penting. 

Operator dapat dengan mudah menemukan atau membuat aplikasi gratis untuk melacak metrik apa yang mereka inginkan, atau mereka dapat membayar paket perangkat lunak yang dikembangkan secara profesional. 

Itu semua tergantung pada apa yang dibutuhkan suatu fasilitas, dan berapa banyak yang bersedia dikeluarkan oleh operator. 

Athletic Business juga mencatat, semakin mahal sistem, semakin banyak fitur, semakin banyak pelatihan yang diperlukan untuk mengetahui cara menggunakannya. 


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)