Partager:

JAKARTA - Aston Martin hari ini kembali membuat gebrakan dengan memperkenalkan mobil super eksklusif mereka. Setelah Valour melenggang tahun lalu dengan gaya retro dan transmisi manual yang hanya diproduksi 110 unit, kini hadir Valiant varian yang lebih istimewa lagi. 

Valiant dari rilis pabrikan, 26 Juni, disebut merupakan hasil kolaborasi tim Aston Martin dengan pembalap F1 mereka, Fernando Alonso, juara dunia F1 dua kali.

Alonso menginginkan versi Valour yang lebih ringan dan bertenaga. Keinginan inilah yang melahirkan Valiant super eksklusif dengan jumlah produksi hanya 38 unit.

5

Meski berbagi basis mesin dan sasis dengan Valour, Valiant memiliki keunggulan tersendiri. Mesin V12 5.2 liter twin-turbo yang sama dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan dan penggerak roda belakang kini menghasilkan tenaga 30 hp lebih besar, menjadi total 735 hp! Torsi puncaknya tetap buas di angka 753 Nm.

5

Nah, selain Valiant dijanjikan memberikan sensasi terbaik di trek, namun mobil ini legal untuk digunakan di jalan raya. Valiant juga dilengkapi rem Carbon Ceramic standar berukuran 410mm x 38mm depan dan 360mm x Belakang 32mm untuk daya pengeraman yang amat baik.

2

Adapun pengurangan bobotnya didapat dari penerapan subframe belakang cetak 3D menghemat 3 kg tanpa pengurangan kekakuan, sementara tabung torsi magnesium mengurangi massa di titik tengah mobil sebesar 8,6 kg. Penggunaan roda 21 inci yang ringan dengan ban depan 275/35 dan ban belakang 325/30 – meningkatkan respons kemudi dan kontrol roda, mengurangi massa unsprung (massa suspensi, roda atau trek, dan komponen lain yang terhubung langsung dengannya) sebesar 14 kg. Baterai lithium-ion khusus motorsport telah dipasang untuk menghemat 11,5 kg lebih lanjut. Bahkan grill cantik berbahan serat karbon yang meningkatkan aliran udara turut berkontribusi terhadap penurunan berat badan Valiant.

Transformasi Valiant tak berhenti di mesin dan bobot. Grill tersebut hanyalah pembuka dari ubahan eksterior yang agresif. Valiant tampil berotot dengan front spoiler, side skirt, dan rear wing yang lebih gahar. Diffuser belakang fungsional dan lubang udara di fender semakin menegaskan aura balapnya. Peleknya dibalut penutup serat karbon untuk mengurangi hambatan angin, sekaligus dirancang untuk mengalirkan udara ke rem keramik karbon. 

Valiant akan melakukan debut publiknya di Goodwood Festival of Speed ​​2024 (11-14 Juli) dengan demonstrasi dinamis di jalur Hill Climb yang terkenal. Salah satu demonstrasi akan dilakukan di tangan pelanggan pertama Valiant yang tentunya adalah Fernando Alonso dan pengiriman pertama ke konsumen disebut dimulai pada kuartal keempat 2024 ini.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)