<i>Skin Fasting</i>, Metode Kecantikan Asal Negeri Sakura
Ilustrasi Wajah dengan Skin Fasting (Chris Howard/Pexels)

Partager:

JAKARTA - Setiap wanita pasti menginginkan tampilan kulit yang tidak hanya putih bercahaya namun juga sehat dan bebas dari segala permasalahan. Demi membantu mewujudkan hal tersebut, pakar kecantikan memperkenalkan sebuah metode baru bernama skin fasting.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai metode skin fasting, simak terus ulasan di bawah ini.

Apa itu metode skin fasting?

Metode skin fasting adalah suatu metode ‘puasa’ menggunakan beberapa produk skincare dengan tujuan mengistirahatkan kulit dari bahan-bahan kimia sebagai upaya meningkatkan fungsi kulit. Tren metode skin fasting pertama kali diperkenalkan oleh sebuah perusahaan skincare Jepang, yaitu Mirai Clinical.

Skin fasting dipercaya dapat membantu mendetoksifikasi kulit dan memungkinkan sistem perawatan alami kulit bekerja lebih efektif memperbaiki permasalah kulit di dalamnya. Jadi metode ini membebaskan kulit wajah dari paparan bahan kimia produk skincare dan membiarkan kulit memulihkan kondisi secara alami.  

Manfaat metode skin fasting

Sebagaimana diketahui, metode skin fasting dipercaya dapat membantu mendetoksifikasi kulit. Masalah kulit biasanya disebabkan karena banyak timbunan racun dan kotoran pada kulit, sehingga perlu melakukan detoksifikasi.

Melansir dari laman Allure, menurut David Lortscher, dokter kulit bersertifikat di San Diego mengatakan bahwa dengan menghilangkan sementara produk perawatan kulit, memungkinkan kulit mereset kemampuannya sehingga dapat meningkatkan fungsi kulit.

Tak hanya itu, dikutip dari laman Bustle, perusahaan skincare Jepang, Mirai Clinical mengatakan bahwa mereka percaya kulit memiliki kemampuan untuk merawat diri sendiri selama kita memberikan kesempatan.

Dengan kata lain, Anda perlu mengistirahatkan kulit dari berbagai produk skincare, agar kulit berkesempatan untuk bekerja secara alami memperbaiki permasalahannya sendiri.

Skin fasting memiliki manfaat lain yakni mengetahui penyebab suatu masalah kulit dan juga reaksi kulit terhadap suatu bahan kimia. Metode skin fasting bisa dilakukan selama tiga hari sampai satu minggu, ketika Anda baru saja mencoba produk skincare baru. Dengan begitu, Anda akan mengetahui reaksi kulit terhadap skincare tersebut, apakah cocok di kulit atau tidak.

Namun, perlu diingat metode skin fasting tidak akan bekerja secara maksimal pada kulit berjerawat. Pasalnya istirahat dari produk anti jerawat justru dapat mengakibatkan peningkatan jerawat.

Mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin harus dijalankan saat melakukan skin fasting. Menurut pedoman dari Mirai Clinical, memiliki dan menjaga kesehatan kulit tergantung dari konsumsi nutrisi dan penerapan gaya hidup sehat.

Untuk menjaga kesehatan kulit, sebaiknya konsumsi makanan dengan kandungan vitamin A, vitamin C, atau vitamin E karena vitamin-vitamin tersebut bisa membuat kulit lebih sehat, cerah, dan juga lembap.

Olahraga secara teratur juga bisa membantu melancarkan peredaran darah. Jika peredaran darah lancar, maka oksigen dan nutrisi akan tersalurkan dengan baik, sehingga membuat kulit menjadi lebih lembap.

Selain itu, olahraga teratur juga dapat membantu mencegah stres. Seperti yang diketahui, stres dapat memicu masalah jerawat pada kulit. Dengan rutin berolahraga akan membuat pikiran lebih rileks dan tidak mudah stres, sehingga dapat membantu Anda terhindar dari masalah kulit tertentu.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)