Menilik Dua Alas Bedak Populer, Apa Bedanya <i>Foundation</i> dan <i>Cushion</i>?
Ilustrasi (Glow Repose-Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Di industri kecantikan, ada dua produk dasar yang seringkali membingungkan. Keduanya tampak mirip tapi juga tak bisa dibilang sama. Ialah foundation dan cushion. 

Baik foundation dan cushion sama-sama dipakai untuk menjadi dasar riasan. Jadi setelah menggunakan rangkaian perawatan wajah, salah satu dari produk tersebut bisa diaplikasikan ke wajah untuk meratakan warna kulit, menutupi kekurangan di wajah seperti noda hitam atau bekas jerawat, dan membuat tekstur kulit tampak lebih halus. 

Apa ya persamaan dan perbedan foundation dan cushion? Berikut penjelasannya:

Foundation 

Foundation merupakan salah satu alas bedak terpoluler sejak lama. Umumnya memiliki tekstur cair dan dikemas dalam botol kaca. Namun, ada juga foundation padat bertekstur seperti krim, namun belakangan kurang begitu terdengar namanya. 

Karena teksturnya cair atau terkadang agak kental, foundation bisa digunakan beberapa tetes ke wajah. Cara pengaplikasiannya bisa dengan jari meski agak jarang, kuas, atau spons basah. 

Untuk pilihan warna, foundation bisa jadi lebih bervariasi sebab produk ini telah ada sejak lama. Banyak merek kosmetik yang punya pilihan warna foundation dari yang sangat putih, kuning langsat, sawo matang, sampai kulit gelap. 

Biasanya foundation dengan daya tutup tinggi terbilang ‘berat’ dan lebih umum digunakan untuk acara-acara penting, seperti pesta atau bahkan pernikahan. Namun, banyak juga yang menggunakannya untuk sehari-hari. 

BACA JUGA:


Cushion

Berbeda dengan foundation yang umumnya dikemas dalam botol, cushion memiliki kemasan lebih compact, mirip bedak. Meskipun, isinya sama-sama cair. Kebanyakan cushion sudah dikemas beserta aplikatornya yang berupa spons khusus dengan permukaan lembut. 

Cairan dari cushion ini sebenarnya mirip foundation, tetapi disimpan dalam bantalan. Perlu menekan bantalan di dalam kemasan untuk mengeluarkan produknya. 

Untuk pemakaiannya, sama seperti foundation, digunakan setelah produk perawatan wajah, dan sebelum masuk ke ‘pewarnaan’ seperti menambahkan blush on, bronzer, dan highlighter. 

Cara pakai cushion terbilang lebih mudah dan tak butuh teknik tertentu. Tinggal tekan spons ke dalam cushion sampai produknya keluar lalu oleskan ke kulit sampai merata. 

Umumnya, formula cushion dibuat lebih ringan dan nggak terlalu memberikan kesan menor. Sehingga produk ini lebih nyaman dipakai sehari-hari dan cocok untuk riasan natural. 

Namun, karena produk ini terbilang masih baru, pemilihan warna kadang menjadi sulit. Anda harus melakukan riset pada beberapa merek sampai menemukan warna yang sesuai.