Partager:

JAKARTA - Pemain sayap Brennan Johnson kembali mencetak gol yang membawa Tottenham Hotspur mengalahkan tuan rumah Ferencvaros 2-1 di pertandingan Liga Europa di Stadion Groupama Arena, Budapest, Hungaria, Kamis, 3 Oktober 2024 malam WIB.

Tottenham tampil dengan mengandalkan pemain muda saat menghadapi Ferencvaros. Manajer Ange Postecoglou merombak skuat saat menghajar Manchester United 3-0 di pertandingan Premier League Inggris.

Sebagian pemain pilar dibangkucadangkan. Postecoglou memberi kesempatan bermain kepada pemain lapis kedua. Selain itu, empat pemain muda alumni akademi klub mendapat kesempatan bermain, Mikey Moore, Will Lankshear, Archie Gray dan Lucas Bergvall.

Bahkan Moore yang memecahkan rekor sebagai pemain termuda dalam sejarah klub saat diturunkan di pertandingan Liga Premier dan Gray bermain secara penuh di kandang Ferencvaros.

Meski tidak menurunkan tim terbaik, Tottenham mampu mengatasi perlawanan tim dari Hungaria ini. Tottenham pun meraih kemenangan kedua di Liga Europa. Dengan mengumpulkan enam poin, The Liywhites menembus delapan besar dengan menduduki peringkat tiga. Sama dengan pimpinan klasemen Lazio yang mengalahkan Nice 4-1. Hanya Lazio unggul selisih gol.

Sementara Ferencvaros menduduki posisi 31. Mereka menempati zona bawah klasemen karena belum mengantungi poin.

Dalam duel itu, Totenham harus bekerja keras menghadapi perlawanan ngotot Ferencvaros. Tuan rumah yang mendapat dukungan penuh dari suporter mampu tampil dengan semangat tinggi. Namun tim muda Tottenham menunjukkan ketenangan dan mentalitas yang kuat sehingga mampu menghadapi tekanan.

Ferencvaros sesungguhnya sempat unggul saat sundulan Adama Traore yang menyambut umpan silang Eldar Civic berhasil membobol gawang Tottenham yang dikawal Guglielmo Vicario di menit 16. Namun gol itu dianulir karena Traore dalam posisi offside.

Saat laga kembali dimainkan, Tottenham kemudian memberikan tekanan terhadap pertahanan lawan. Usaha klub London Utara ini pun tak sia-sia setelah Pape Sarr membobol gawang Ferencvaros di menit 23.

Gol itu tidak terlepas dari peran pemain muda Tottenham. Berawal dari aksi Moore yang membawa bola dan melewati bek Cristian Ramirez. Pemain berusia 17 ini kemudian memberikan bola kepada Lankshear yang memberikan assist ciamik dan dituntaskan Sarr. Ini merupakan gol kedua Sarr di Liga Europa. Sebelumnya, dia juga menyumbang gol saat Tottenham menang 3-0 atas Qarabag.

Setelah unggul 1-0, Tottenha tak menurunkan tempo permainan. Namun tidak ada tambahan gol sehingga skor itu tak berubah hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Tottenham tetap bermain menyerang. Hanya saja, mereka agak kesulitan menembus pertahanan tuan rumah.

Saat laga berjalan satu jam, Postecoglou memasukkan para pemain senior, Dejan Kulusevski, James Maddison dan Johnson. Kehadiran mereka menjadikan permainan Tottenham kembali hidup.

Tak hanya mempertahankan keunggulan, Tottenham pun berhasil menambah gol yang mengubah skor menjadi 2-0. Kali ini, Johnson sukses membobol gawang Ferencvaros di menit 86. Sebelumnya Johnson mencetak gol saat Tottenham menang lawan MU.

Ferencvaros akhirnya memperkecil ketinggalannya saat Barnabas Varga mencetak gol menjelang akhir pertandingan. Dia menyambut umpan silang Ramirez dan skor berubah menjadi 2-1. Skor itu bertahan hingga laga usai dan Tottenham berhasil meraih kemenangan kedua di kompetisi Eropa.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)