Partager:

JAKARTA - Kroasia gagal mengalahkan Albania dan bermain imbang 2-2 pada laga kedua Grup B Euro 2024 di Volksparkstadion, Hamburg, Rabu 19 Juni 2024 malam WIB. Hasil imbang menjadikan peluang kedua tim lolos ke babak 16 besar tetap terbuka

Laga yang luar biasa. Kroasia gagal di menit terakhir. Tertinggal lebih dulu lewat gol Qazim Laci, Kroasia mampu membalikkan keadaan dalam tempo dua menit.

Namun saat Kroasia diperkirakan meraih kemenangan, Albania malah berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 di injury time.

Hasil itu menjadikan kedua tim sama-sama mengantungi satu poin. Pasalnya, Kroasia dan Albania menelan kekalahan pada laga pertama.

Albania yang unggul selisih gol menempati peringkat tiga. Sedangkan Kroasia tetap berada di dasar klasemen Grup B.

Pada laga terakhir, Albania akan bertemu Spanyol yang saat ini menduduki puncak klasemen dengan poin tiga. Sedangkan Kroasia menghadapi lawan yang tidak kalah berat, Italia.

Di pertandingan itu, Kroasia yang terlambat panas harus bekerja keras meladeni Albania. Meski langsung menerapkan permainan ofensif demi menekan lawan, namun Kroasia mengalami kesulitan mencetak gol.

Sebaliknya Albania mampu bermain efisien. Begitu mendapat satu peluang, tim asuhan Sylvinho sudah bisa memaksimalkannya untuk mencetak gol.

Pertandingan baru berjalan 11 menit, Albania mengejutkan pendukung Kroasia setelah membobol gawang Dominik Livakovic. Gol dihasilkan Qazim Laci setelah sundulannya yang menyambut assist dari Jasir Asani membawa Albania unggul 1-0.

Kroasia dengan cepat berusaha bangkit dan tetap bermain menyerang demi mengejar ketinggalan gol. Hanya usaha mereka selalu menemui kegagalan.

Gelandang Marcelo Brozovic mendapat peluang untuk menyamakan skor di menit 20. Namun tendangannya dari luar kotak penalti masih meleset.

Hanya berselang tujuh menit, sundulan Bruno Petkovic mengancam gawang Albania. Hanya saja sundulan dia masih melebar.

Albania tidak tnggal diam menghadapi serangan Kroasia. Mereka sempat membalas dengan mengancam pertahanan lawan melalui Kristjan Asllani di menit 31.

Namun peluang bagus Asllani untuk memperbesar keunggulan bisa digagalkan kiper Livakovic. Skor 1-0 untuk Albania bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Kroasia tetap bermain dengan tempo tinggi. Dengan keunggulan dalam penguasaan bola, pasukan Zlatko Dalic berusaha menekan pertahanan Albania.

Kesabaran Luka Modric dkk ternyata tidak sia-sia. Lewat serangan bertubi-tubi, Kroasia akhirnya bisa menyamakan skor 1-1 melalui Andrej Kramaric. Gol berawal dari umpan Ante Budimir yang dituntaskan Kramaric di menit 74.

Gol itu langsung menaikkan semangat pemain Kroasia. Mereka kian insentif menyerang pertahanan lawan. Alabnia pun berada dalam tekanan.

Hanya berselang dua menit, Kroasia sukses menambah gol lewat bunuh diri gelandang Klaus Gjasula. Berawal dari serangan Kroasia yang berhasil diblok. Namun bola rebound mengenai Gjasula yang membuat bola meluncur ke gawang sendiri.

Tertinggal 2-1 tak membuat Albania menyerah. Mereka membalas serangan Kroasia dengan bermain terbuka. Hasilnya, Gjasula membayar kesalahannya dengan mencetak gol yang menyamakan skor di injury time.

Dirinya memanfaatkan kesalahan Josip Sutalo untuk membobol gawang Kroasia. Skor berubah menjadi 2-2 dan bertahan sampai akhir laga.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)