Partager:

JAKARTA - Raja Inggris Charles ternyata memberi perhatian terhadap tim nasional yang berlaga di Euro 2024; Sang Raja pun sempat bertanya kepada David Beckham, eks kapten Inggris, soal kekalahan The Three Lions lawan Islandia.

Kekalahan 1-0 di laga uji coba di Wembley memang mengejutkan. Publik sepak bola Inggris sedikit ragu apakah tim asuhan Gareth Southgate bisa meraih sukses di Jerman. Apalagi, laga itu merupakan uji coba terakhir sebelum Inggris berlaga di Euro 2024.

Tidak kurang Raja Charles menyinggung kekalahan timnas saat bertemu Beckham, Selasa, 11 Juni 2024 malam waktu setempat. Saat itu, Beckham, turut menghadiri penghargaan Yayasan Raja.

"Apa yang terjadi di Wembley?" tanya Raja saat bertatap muka dengan Beckham. Eks bintang Manchester United yang pernah bermain di Real Madrid itu menjawab, "Menurut saya kita tak perlu lagi membaca lebih banyak beritanya."

Beckham secara tidak langsung menyatakan semua di Inggris sudah tahu secara luas soal kekalahan Inggris. Bagaimana tidak, seluruh media Inggris menjadikannya headline dan membahas kekalahan itu berhari-hari.

Raja Charles berharap kekalahan itu tak mengganggu persiapan Inggris. Dirinya pun sangat mengetahui kalau itu hanya sebuah uji coba.

"Tentu tidak berpengaruh bukan? Apalagi itu laga pemanasan. Anda tentu tak ingin itu terjadi saat mengawali [pertandingan di Euro 2024]," katanya bertanya lagi.

Beckham pun sepertinya memberi jawaban yang menenangkan sang Raja. "Kami sudah siap. Gareth sudah siap," ujarnya.

Raja pun mengacungkan jempol. Pembicaraan mereka ternyata didengar media, termasuk Mirror.

Euro 2024 tampaknya menjadi pertaruhan terakhir Southgate. Bila gagal, Southgate yang membawa Inggris ke final Euro 2020 siap mengundurkan diri.

"Bila kami tak juara, saya kemungkinan tidak lagi berada di sini [manajer Inggris]. Ini bisa jadi kesempatan terakhir saya. Setelah turnamen ini, saya kira separuh pelatih timnas akan mundur. Itu hal yang biasa," kata Southgate.

"Saya sudah delapan tahun di sini. Dan saya sudah hampir menyelesaikan tugas," ucapnya.

Hanya, FA berbeda pendapat. Federasi sepak bola Inggris yang dipimpin Pangeran William, menginginkan Southgate tetap menangani timnas Inggris.

Kontrak Southgate akan berakhir pada Desember 2024. Namun belum ada rencana FA memperpanjang kontrak Southgate.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)