Partager:

JAKARTA - AC Milan mengumumkan perpisahan dengan pelatih Stefano Pioli yang sudah lima tahun menangani tim. Milan disebut-sebut telah menyiapkan penggantinya.

Pioli sesungguhnya menunjukkan kinerja yang bagus sejak menangani Milan pada Oktober 2019. Paling tidak, dirinya selalu membawa Milan ke papan atas sehingga kembali rutin bermain di Liga Champions.

Puncaknya, Pioli yang menggantikan Marco Giampaolo membawa Rossoneri meraih Scudetto pada 2012.

Ini untuk kali pertama Milan meraih titel Serie A Italia setelah penantian selama 19 tahun. Milan terakhir kali menjadi juara liga pada 2011 saat ditangani Massimiliano Allegri.

Pada musim berikutnya, Milan mencapai semifinal Liga Champions. Mereka menyingkirkan Tottenham Hotspur dan Napoli. Namun laju Milan akhirnya dihentikan Inter Milan dalam Derby della Madonnina di babak semifinal.

Musim ini, Milan gagal di melewati penyisihan grup Liga Champions. Namun mereka menduduki peringkat tiga sehingga berkompetisi di Liga Europa. Hanya saja, langkah Rafael Leao dkk dihentikan AS Roma di perempat final.

Meski gagal di Liga Champions, Coppa Italia dan Supercoppa Italiana, namun Milan masih bisa menembus peringkat dua di bawah Inter Milan yang menjadi juara liga. Ini berarti, Milan kembali berkompetisi di Liga Champions musim depan.

Hanya saja pencapaian Milan tetap tak memuaskan. Kinerja Pioli pun kurang berhasil sehingga tak dipertahankan di musim 2024/2025. Ini sekaligus menghapus spekulasi masa depan pelatih berusia 58 ini di Milan.

"AC Milan mengucapkan terima kasih kepada Stefano Pioli dan semua staf pelatih yang telah menangani tim pertama selama lima tahun terakhir dengan meraih titel liga yang tak terlupakan dan membawa AC Mila secara konsisten berlaga di kompetisi Eropa paling top," demikian penjelasan dari Milan.

"Sikap profesional Stefano dan sentuhan kemanusiaan sangat berkontribusi dalam perkembangan skuat. Dia juga menanamkan nilai-nilai klub sejak tiba di hari pertama. Stefano Pioli juga menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk menjadi bagian dari sejarah yang luar biasa dari klub," penjelasan Milan.

Laga Milan melawan Salernitana menjadi yang terakhir bagi Pioli. Laga yang digelar di kandang sendiri di Stadion San Siro, Minggu, 26 Mei 2024 dini hari WIB, tepat merupakan laga ke-240 Pioli.

Selama lima tahun di Milan, Pioli membawa tim memenangkan 312 laga, 55 imbang dan 52 kali kalah.

Milan pun sudah menyiapkan pengganti Pioli. Sempat beredar sejumlah nama, termasuk Francesco Farioli dan Julen Lopetegui, namun Milan diyakini membawa pelatih Lille Paulo Fonseca untuk menggantikan Pioli.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)