Partager:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan Rumah Sakit (RS) Hermina Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah beroperasi merawat pasien.

"RS Hermina Nusantara sudah menerima pasien, tadi saya lakukan kunjungan juga sudah ada tiga pasien yang dirawat," kata Jokowi saat meresmikan RS Hermina Nusantara yang beralamat di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat 11 Oktober, disitat Antara.

Saat peresmian RS yang dibangun dibangun dalam waktu 10 bulan itu, Jokowi secara simbolis menekan tombol sirene dan membubuhkan tanda tangan bertinta emas di prasasti RS Hermina Nusantara.

RS Hermina Nusantara berada di pinggir jalan sebelum masuk ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, dan rumah sakit tersebut memiliki desain modern.

Penyelesaian pembangunan RS Hermina memberikan kepercayaan bagi aparatur sipil negara (ASN) untuk segera pindah ke IKN, kata Jokowi, apalagi apartemen juga sudah siap dan kantor ditargetkan November 2024 rampung dan siap digunakan.

Sehingga begitu pusat pemerintah bergeser dari Jakarta ke IKN, yang biasa ditanyakan seperti kalau anak-anak sakit bagaimana, kata Jokowi lagi, sekarang jawabannya sudah ada RS Hermina Nusantara.

Kemudian lainnya yang kerap dipertanyakan adalah sekolah, maka, Jokowi menegaskan lagi, pembangunan fasilitas sekolah perlu dipercepat sehingga fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan ada di IKN.

Desain dan interior RS Hermina Nusantara seperti hotel bintang lima, berbeda dengan rumah sakit lainnya, apabila masuk ke dalam lobi ada meja resepsionis seperti lobi hotel berbintang lima.

Presiden Jokowi sangat menghargai kecepatan pembangunan RS Hermina Nusantara yang memiliki delapan lantai yang berdiri di atas lahan seluas 20.718 meter persegi, dan dinilai sangat praktis.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)