Kiper Ter Stegen Cedera Parah, Barcelona Hajar Villarreal Lima Gol

JAKARTA - Barcelona tampil maksimal saat menghajar Villarreal 5-1 di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion de la Ceramica, Villarreal, Senin, 23 September 2024 dini hari WIB. Hanya kemenangan Barca dibayar mahal karena kiper Marc-Andre ter Stegen mengalami cedera parah.

Ter Stegen harus meninggalkan gawangnya pada injury time babak pertama saat Barca sudah unggul 2-1. Gara-garanya, Ter Stegen melompat mengambil bola dan kemudian terjatuh dengan posisi kaki yang salah. Kiper tim nasional Jerman ini tampak kesakitan saat terjatuh. Dia akhirnya ditarik keluar dan digantikan Inaki Pena.

Belum dipastikan apakah Ter Stegen bakal mengakhiri kompetisi jauh lebih awal atau butuh beberapa bulan saja untuk menjalani proses pemulihan. Bila harus dioperasi, maka kiper yang menggantikan Manuel Neuer sebagai kiper utama Jerman ini bakal menepi hingga akhir musim.

"Cedera yang dialami dia tampaknya serius. Anda bisa menyaksikan kejadian itu di lapangan," kata pelatih Barca Hansi Flick di hadapan media usai pertandingan.

Flick juga belum memikirkan bakal mencari kiper untuk menggantikan Ter Stegen. Apalagi, Pena menunjukkan performa bagus saat berdiri di bawah mistar selama 45 menit babak kedua.

"Bukan saatnya yang tepat menjawab pertanyaan itu. Pertama-tama, kami harus melihat kondisi Marc lebih dulu. Dia juga kapten kami," ucapnya.

"Saya sungguh sedih dengan apa yang dialaminya. Jadi tolong dipahami mengapa saya menolak menjawab pertanyaan itu. Saya juga belum bicara dengan Ter Stegen," tutur Flick lagi.

Cedera Ter Stegen menjadi harga mahal yang dibayar Barca saat mencetak poin sempurna. Ya, Barca memenangkan enam pertandingan pertama di kompetisi domestik.

Pencapaian gemilang itu menjadikan Barca kian kukuh di puncak klasemen dengan mengantungi 18 poin. Mereka pun unggul empat poin dengan Real Madrid yang menempati peringkat dua.

Meski menang telak hingga lima gol, namun Barca yang tida diperkuat Dani Olmo karena cedera hamstring sesungguhnya mendapat perlawanan ketat dari Villarreal.

Bahkan The Yellow Submarine mampu mencetak tiga gol yang semuanya dianulir karena dalam posisi offside. Termasuk gol Yeremy Pino saat laga baru berjalan delapan menit. Dia melepaskan tendangan lambung yang melewati Ter Stegen. Namun wasit Mateo Busquets menganulir gol itu.

Selanjutnya, Barca yang berhasil unggul saat striker Robert Lewandowski membobol gawang tuan rumah di menit 20. Dia menyelesaikan assist dari Pablo Torre.

Lewandowski kemudian mencetak brace yang memperbesar keunggulan Blaugrana di menit 35. Namun hanya berselang tiga menit, Villarreal berhasil memperkecil ketinggalannya saat Ayoze Perez menaklukkan Te Stegen. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Barca saat babak pertama usai.

Di babak kedua, Barca yang tidak bisa tampil dengan skuat terbaik karena banyak pemain cedera dan ditariknya Ter Stegen tetap bermain menyerang.

Tak lama setelah babak dimulai, Barca berhasil memperbesar keunggulan saat Torre mencetak gol. Gol pemain berusia 21 ini tercipta di menit 59.

Selanjutnya, Raphinha mengubah skor menjadi 4-1 di menit 74. Raphinha juga menyamai torehan gol Lewandowski setelah mencetak brace di menit 83. Skor 5-1 untuk Barca yang kemudian bertahan hingga laga usai.