JAKARTA – Instagram merupakan salah satu media sosial dengan fitur yang cukup banyak. Meski fitur yang beragam sangat menarik dan bisa berguna, ada masalah yang bisa mengganggu dari segi notifikasi.

Semakin banyak fitur yang dicoba, semakin banyak juga notifikasi yang pengguna dapatkan. Misalnya, saat Anda aktif meninggalkan komentar di feed, membuat Reels, mengunggah postingan di Story, dan masih banyak lagi, Anda mungkin akan menerima banyak notifikasi.

Bagi beberapa orang, hal ini bukan suatu masalah, tetapi tidak bagi yang sering mendapatkan notifikasi. Jika Anda merasa terganggu dengan notifikasi Instagram, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini, dilansir dari Makeuseof.

Nonaktifkan Saran Video Reels

Salah satu notifikasi yang tidak berguna adalah saran Reels. Pengguna Instagram cenderung mengabaikan fitur ini, dan mungkin Anda salah satunya. Jika Anda tidak suka dengan notifikasi tersebut, Anda bisa menonaktifkan saran Reels dari pengaturan.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka Pengaturan dari dalam aplikasi, lalu mengetuk menu Notifikasi. Setelah itu, cari menu Live and Reels dan matikan notifikasi pada opsi yang ditawarkan, yaitu Reels yang Baru Diunggah Dan Reels yang Disarankan untuk Anda.

Aktifkan Mode Senyap

Jika Anda terganggu dengan notifikasi Instagram pada jam-jam tertentu, Anda bisa menggunakan Mode Senyap. Selama mode ini aktif, Instagram akan berhenti mengirimkan notifikasi dari fitur apa pun, termasuk Direct Messenger (DM) dan interaksi lainnya.

Untuk mengaktifkan mode Senyap, ketuk bilah pencarian dan masukan Quiet Mode atau Mode Senyap. Klik menunya, lalu klik toggle button hingga berwarna hitam. Anda bisa mengatur jam mulai dan berakhirnya Mode Senyap, serta di hari apa mode itu aktif.

Itu dia beberapa saran yang bisa digunakan untuk mengatasi notifikasi yang tidak diinginkan. Anda juga bisa menonaktifkan interaksi postingan, Story, hingga komentar di menu Notifikasi yang ada di Pengaturan.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)