JAKARTA - Aston Villa membuat kejutan dengan mengalahkan Bayern Munchen 1-0 di pertandingan Liga Champions di Stadion Villa Park, Birmingham, Kamis, 3 Oktober 2024 dini hari WIB. Kemenangan Villa mengulang sukses final Piala Champions 1982 lewat gol Peter White, eks pelatih tim nasional Indonesia.

Villa yang tak diunggulkan meski bertindak sebagai tuan rumah berhasil menaklukkan salah satu tim unggulan di Liga Champions. Kemenangan pertama Villa sejak mengalahkan Bayern di final Piala Champions [sebelum berubah format menjadi Liga Champions].

Pada final itu, kemenangan 1-0 Villa ditentukan lewat gol White. Legenda Villa yang pernah menangani timnas Indonesia pada 2004 hingga 2007. Sayangnya, White kurang sukses dan hanya membawa tim Merah Putih menjadi runner up Piala AFF 2024. Sebaliknya, dia malah sukses bersama timnas Thailand.

Dalam duel teranyar, pemain depan Villa Jhon Duran mengikuti jejak White dengan mengalahkan Bayern. Hanya laga itu tersaji di babak penyisihan Liga Champions.

Meski demikian, ini menjadi salah satu kejutan di Liga Champions. Ini juga kemenangan kedua Villa setelah menghajar Young Boys 3-0. Dengan mengantungi poin enam, The Villans sukses menembus delapan besar klasemen sementara. Kini, tim asuhan Unai Emery menduduki peringkat enam sekaligus mengukuhkan dominasi tim-tim Premier League Inggris di zona atas klasemen.

Ya, ada tiga tim Liga Inggris, Villa, Liverpool dan Manchester City yang bertahan di delapan besar. Disusul dua wakil Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund dan Bayer Leverkusen. Sedangkan wakil La Liga Spanyol, Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, dan Girona belum ada yang masuk delapan besar.

Dalam pertandingan itu, Villa sesungguhnya bermain d bawah tekanan. Bayern yang kembali mengandalkan kapten timnas Inggris Harry Kane menunjukkan dominasinya.

Hanya serangan Die Bayern selalu menemui kegagalan. Penampilan gemilang kiper Emiliano Martinez berulang kali menggagalkan sejumlah peluang dari Bayern. Kiper timnas Argentina ini menggagalkan bola yang meluncur deras dari sundulan Kane. Selanjutnya Martinez menepis bola tendangan Michael Olise.

Villa sesungguhnya juga memiliki peluang membobol gawang Bayern. Bek Pau Torres sempat mencetak gol di babak pertama. Namun gol dia dianulir karena rekannya, Jacob Ramsey, dalam posisi offide sebelum Torres menaklukkan kiper Manuel Neuer.

Setelah babak pertama usai tanpa ada gol kesabaran Villa akhirnya membuahkan hasil di menit 79. Duran yang masuk sebagai pemain pengganti memecah kebuntuan saat berlari menyambut bola dan kemudian melepaskan tendangan lambung ke gawang Bayern.

Dia melihat Neuer sudah terlanjur meninggalkan gawang sehingga memutuskan mengangkat bola yang tidak bisa dijangkau kiper veteran itu. Skor 1-0 untuk Villa. Ini menjadi gol kelima dari pemain Kolombia berusia 20 bersama Villa.

Bayern sesungguhnya berusaha bangkit untuk mengejar ketinggalan gol. Bahkan tim asuhan Vincent Kompany mendapat peluang bagus melalui Kane. Namun lagi-lagi sundulan keras eks striker Tottenham Hotspur ini secara akrobatik diselamatkan Martinez. Vila pun mempertahankan keunggulan 1-0 hingga akhir laga.

"Dia pemain pengganti yang ekselen. Saat pertama kali menyentuh bola, dia melepaskan tendangan yang tidak bisa dijangkau Neuer. Ini menjadi salah satu gol indah dalam sejarah," kata Martinez.

"Ini menjadi pertandingan yang tidak pernah kami lupakan," ucapnya memungkasi


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)