JAKARTA - Babak perempat final Euro 2024 akan mempertemukan Belanda vs Turki. Pertandingan digelar di Stadion Olimpiade, Berlin, pada Minggu, 7 Juli 2024, pukul 02.00 WIB.

Pemenang laga ini akan lolos ke semifinal dengan menghadapi pemenang antara Inggris vs Swiss.

Belanda meneruskan perjuangan di turnamen ini setelah menang atas Rumania di babak 16 besar. Pada laga tersebut, De Oranje membukukan skor akhir 3-0 lewat eksekusi Cody Gakpo dan brace Donyell Malen.

Di atas kertas, Belanda lebih unggul head-to-head dari Turki. Menurut 11v11, dari 14 pertandingan yang telah mempertemukan keduanya, Belanda tercatat enam kali menang, empat hasil imbang, dan empat kali kalah dari Turki.

Meski demikian, penampilan pasukan Turki juga tak bisa diremehkan. Mereka tampil impresif sepanjang Euro 2024 dengan mendapatkan dua kemenangan dan satu kali kalah di fase grup.

Turki menang 3-1 atas Georgia, menekuk Republik Ceska 2-1, dan hanya menderita kekalahan saat menghadapi Portugal dengan skor telak 0-3. Pada babak 16 besar, Turki menang saat meladeni Austria dengan skor tipis 2-1.

Pada laga melawan Belanda, Turki juga diprediksi akan tampil percaya diri sebab kapten mereka, Hakan Calhanoglu, sudah boleh bermain setelah menjalani skorsing.

Untuk meredam kepercayaan diri Turki, Ronald Koeman selaku pelatih Belanda diperkirakan masih menurunkan susunan pemain yang sama ketika timnya menggulung Rumania.

Bart Verbruggen masih akan mengemban tugas di bawah mistar gawang. Kapten Virgil van Dijk beroperasi di posisi bek tengah.

Sementara Donyell Malen atau Jeremie Frimpong akan mengisi posisi Steven Bergwijn yang mengalami cedera. Cody Gakpo yang sebelumnya menyumbang gol akan tetap dipercaya sang pelatih tampil di laga nanti.

Favoritisme terhadap Belanda tak lepas dari grafik naik mereka. Tampil inkonsisten di fase grup, De Oranje sudah mulai menemukan sentuhan di babak 16 besar.

Mereka perlu konsisten mempertahankan performanya jika ingin melangkah ke semifinal Euro 2024.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)