JAKARTA – Kontingen Indonesia meraih kesuksesan besar di ASEAN University Games (AUG) 2024 dengan meraih 100 medali emas dan keluar sebagai juara umum.

Indonesia memastikan pencapaian dalam AUG edisi ke-21 yang berlangsung di Surabaya dan Malang tersebut setelah mendapat tambahan 17 medali emas, 12 perak, dan 10 medali perunggu pada Kamis, 4 Juli 2024.

Tambahan medali-medali tersebut membuat tempat Indonesia di puncak klasemen sudah pasti tidak tergoyahkan sekalipun masih ada sisa dua hari penyelenggaraan.

Secara total, Indonesia sudah mengumpulkan sebanyak 232 medali. Sebanyak 132 medali lain terdiri dari 79 medali perak dan 53 medali perunggu.

"Masih ada 50 nomor pertandingan yang akan diperebutkan dalam dua hari ke depan," kata Ketua Kontingen Indonesia, Del Asri, dalam keterangan yang diterima.

Pada AUG 2024, kontingen Indonesia hadir dengan membawa 392 atlet. Jumlah tersebut turun di 247 nomor pertandingan dari 18 cabang olahraga yang dilombakan.

Del Asri mengatakan bahwa dalam dua hari terakhir Indonesia masih akan memburu medali emas dan berusaha mengukir rekor baru setelah mengunci status juara umum.

"Masih ada target medali emas dalam dua hari ke depan. Selain itu, masih ada satu target lagi yang bisa kami kejar, yakni memecahkan rekor raihan emas terbanyak yang pernah dibuat Kontingen Indonesia di AUG Thailand sebelumnya, yakni 109 emas," kata dia.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)