JAKARTA -  Selasa, 2 Juli, tim nasional Jerman kembali memulai persiapan untuk pertandingan perempat final melawan Spanyol pada  Jumat, 5 Juli di Stuttgart setelah satu hari libur dan kunjungan keluarga. Namun dalam latihan itu tanpa kehadiran gelandang bertahan Emre Can.

Saat Julian Nagelsmann bekerja dengan skuadnya di lapangan latihan di Herzogenaurach, pemain Dortmund berusia 30 tahun itu hanya menjalani latihan individu di tenda kebugaran yang berdekatan. Alasannya adalah masalah otot ringan. Namun, hingga saat ini, tidak ada indikasi bahwa pemain yang kuat dalam duel fisik ini akan absen. Menurut DFB, jeda latihan ini hanya tindakan pencegahan semata.

Can sejauh ini menjadi kejutan turnamen dalam skuad Nagelsmann. Naglesmann tidak pernah memanggilnya sejak menjabat sebagai pelatih Die Mannschaft pada Oktober tahun lalu. Bahkan  awalnya ia juga tidak memasukkan Can  untuk turnamen di Jerman.

Namun, ketika pemain muda Bayern, Aleksandar Pavlovic, harus pulang karena infeksi selama minggu pertama turnamen, Can dipanggil sebagai pengganti dan berkata. "Ini adalah kontak pertama. Julian punya ide lain untuk posisi saya, tapi dia mengatakan sesuatu yang indah: Lebih baik dia menelepon untuk menyetujui daripada untuk menolak. Dia bertanya apakah saya mau dan saya langsung setuju. Saya sedang liburan dan tidak melakukan apa-apa selama sepuluh hari, tapi saya siap," kata Can.

Can langsung membuktikan dirinya siap. Ia langsung mencetak gol saat pertandingan pembukaan melawan Skotlandia (5-1) setelah hanya satu sesi latihan bersama rekan-rekan setim. Sebagai pemain pengganti bertahan dan sejauh ini ia hanya absen pada pertandingan terakhir grup melawan Swiss (1-1). Bagaimana dengan  partai perempat final hari Jumat?

Can telah menetapkan dirinya setelah kedatangan pada menit terakhir di Herzogenaurach, setelah menggambarkan karier tim nasionalnya sebelumnya sebagai "hubungan putus nyambung". Pemain asli Frankfurt ini membawa fisik yang dibutuhkan oleh tim Jerman melawan Spanyol yang difavoritkan dalam peran pengganti - meskipun absen latihan pada hari Selasa, kehadirannya dalam pertempuran untuk semifinal tidak diragukan lagi.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)