JAKARTA - Barcelona bakal memecat pelatih Xavi Hernandez. Kepastian itu diperoleh setelah Barca mencapai kesepakatan dengan Hansi Flick. Mantan pelatih Bayern Munchen ini menggantikan Xavi saat Barca mengarungi kompetisi musim depan.

Barca bakal memecat Xavi meski dirinya membatalkan rencana untuk mundur usai kompetisi. Gara-garanya, pernyataan Xavi soal problem ekonomi yang menyulitkan klub melakukan pembelian pemain.

Meski mengungkapkan kebenaran, namun pernyataan Xavi membuat petinggi klub meradang. Tidak ketinggalan presiden klub Joan Laporta yang dikabarkan marah dengan keterangan blak-blakan dari sang pelatih.

Laporta yang sebelumnya meminta Xavi untuk bertahan akhirnya berubah pikiran. Klub tak akan menunggu Xavi mundur, tetapi bakal memecatnya.

Barca pun sudah menyiapkan Hansi Flick yang menggantikan Xavi. Direktur Olahraga klub Deco bersama koordinator sepak bola Bojan Krkic sudah melakukan pertemuan dengan Flick di London.

Pembicaraan soal rencana melatih di Barca juga melibatkan agennya, Pini Zahavi. Negosiasi kedua belah pihak tampaknya berjalan mulus dan Flick secara prinsip menerima tawaran dari Barca. Meski belum disebutkan gaji, Flick bakal mendapat kontrak berdurasi dua tahun.

Meski belum resmi menjadi pelatih, namun Barca hampir dipastikan bakal ditangani Flick. Bahkan rencana perekrutan mantan pelatih Bayern Munchen ini ternyata sudah disiapkan sejak lama.

Saat Xavi mengumumkan rencana mundur usai kompetisi pada Januari lalu, klub sesungguhnya sudah langsung bergerak mencari penggantinya.

Hanya, Barca memang tetap berharap Xavi menarik pernyataannya dengan tidak meninggalkan Blaugrana.

Namun di balik semua itu, Barca sudah mencapai kesepakatan dengan Flick. Siapa menyangka bila eks pelatih timnas Jerman ini mulai belajar secara intensif bahasa Spanyol.

Tak hanya itu, Flick berkali-kali menolak tawaran melatih dari berbagai klub. Lebih dari itu, di hadapan publik, Laporta selalu menempatkan Flick sebagai salah satu kandidat bila Xavi tetap meninggalkan Barca.

Dan yang paling penting, Flick pun tiba-tiba merekrut Zahavi pada Februari 2024. Flick berharap Zahavi membantu dia mencarikan pekerjaan.

Dan, Zahavi pula yang memuluskan negosiasi dengan Barca sampai akhirnya tercapai kesepakatan.

Di Barca, Flick melakukan reuni dengan Robert Lewandowski, pemain asuhannya di Bayern. Dia juga bersatu dengan eks pemainnya di timnas, Ilkay Gundogan dan kiper Marc-Andre ter Stegen.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)