JAKARTA - Manchester City mencetak sejarah setelah menjadi juara Premier League Inggris. Gelandang Phil Foden juga tercatat sebagai pemain termuda yang memenangi enam trofi Liga Inggris.

Foden mencetak dua gol yang mengantarkan Man City mengalahkan West Ham United 3-1 di pertandingan terakhir Premier League di Stadion Etihad, Minggu, 19 Mei 2024, malam WIB. Kemenangan yang menjadikan Man City meraih titel liga empat kali secara berturut-turut.

Man City pun menciptakan rekor sebagai satu-satunya tim yang menjadi juara empat kali tanpa putus. Mereka juga berpeluang meraih gelar ganda bila memenangi Piala FA.

Di final, tim asuhan Pep Guardiola menghadapi rival satu kota, Manchester United di Stadion Wembley, 25 Mei 2024 malam WIB.

Ini merupakan ulangan final musim lalu. Saat itu, Man City tampil sebagai juara setelah menang 2-1 Man City pun meraih treble dengan memenangi Premier League dan Liga Champions.

Foden sendiri juga mencatat rekor. Pemain berusia 23 ini tercatat sebagai pemain termuda yang bisa memenangi Liga Inggris sebanyak enam kali.

"Sulit untuk berkata-kata. Tetapi kami telah tercatat dalam buku sejarah. Tidak ada tim yang pernah melakukannya [juara liga empat kali berturut-turut]. Anda bisa melihat pencapaian ini sangat berarti bagi fans. Dan ini sangat berarti pula bagi kami," ucap Foden.

"Di Premier League ini sungguh berarti karena tidak ada tim yang pernah juara sampai empat kali berturut-turut. Kami menjadi tim pertama yang melakukannya," kata dia lagi.

Pada laga terakhir itu, Foden membuka kemenangan The Cityzens lewat gol cepat yang tercipta pada detik ke-78. Gol itu langsung menaikkan semangat pemain tuan rumah. Pada menit ke-18, Foden mencetak gol keduanya yang kian memantapkan keunggulan Man City.

West Ham sempat memperkecil ketinggalan melalui Mohamed Kudus. Namun gelandang Rodri menyegel juara setelah mencetak gol di babak kedua. Skor 3-1 untuk Man City bertahan sampai akhir laga.

"Kami mengawali pertandingan dengan sempurna. Kadang saya memang yakin mencetak gol cepat. Beruntung saya kemudian mencetak gol kedua," ujar Foden yang mengaku tak pernah bosan memenangi Liga Inggris.

Apalagi, Man City baru 10 kali menjadi juara. Mereka masih kalah dengan Liverpool dan MU yang sudah belasan kali juara sehingga mengukuhkan sebagai klub legendaris Inggris.

"Saya tak pernah bosan [memenangi Premier League]. Saya ingin merasakannya setiap saat. Saat Anda memenangi trofi, tak ada perasaan yang lebih baik selain memenanginya lagi. Dan saya ingin juara lagi," ucapnya.

Sementara, gelandang Bernardo Silva menuturkan tak mudah bagi Man City memenangi liga empat kali berturut-turut. Pasalnya, Man City hanya unggul dengan poin yang sangat berdekatan.

Bahkan Man City sesungguhnya sempat ditinggalkan Arsenal dalam perburuan titel liga. Namun Arsenal kemudian tergelincir saat memasuki pekan-pekan terakhir.

"Jarak poin sangat dekat. Kami mengalahkan Liverpool selama dua musim dengan hanya keunggulan satu poin. Dan kini, kami hanya unggul dua poin dengan Arsenal," kata Silva.

"Kami beruntung bisa mengungguli mereka dengan margin yang kecil. Bila kami berhasil juara empat kali terus-menerus ini pencapaian yang luar biasa. Kami sungguh bangga dan bahagia," ucapnya.

Gelandang Phil Foden mengatakan Manchester City telah mencetak sejarah dengan memenangi Premier League Inggris empat kali berturut-turut. Foden sendiri menjadi pemain termuda yang memenangi liga enam kali.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)