JAKARTA - Percobaan uji kecepatan tak biasa untuk mengukur kemampuan mobil listrik dilakukan oleh tim dari Carwow dan disiarkan di kanal Youtube mereka pada Selasa, 22 Agustus.

Percobaan ini adalah menguji apakah MG4 XPower mampu menyaingi kecepatan supercar yang telah teruji yaitu Lamborghini Gallardo dan Nissan GT-R.

4

MG4 XPower adalah hatchback listrik yang dirakit di China yang dibekali tenaga dari sepasang motor listrik 429 dk dan torsi 600 Nm. Jelas tenaga MG4 XPower ini tidak bisa dianggap enteng.

Dilengkapi dengan sistem penggerak empat roda, MG4 XPower mampu mencapai kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu hanya 3,8 detik. Namun, apakah itu cukup untuk mengalahkan keganasan sebuah mobil konvertibel V10 atau mobil coupe V6 twin-turbo.

MG4 XPower juga lebih berat 1.800 kg dibandingkan dengan lawannya yang menggunakan mesin pembakaran internal.

Ternyata, setelah diuji MG4 XPower jauh lebih cepat pada detik detik awal balapan. Lamborghini Gallardo dan Nissan GT-R membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk menghasilkan tenaga yang sesungguhnya. Setelah itu terjadi, hatchback listrik yang enerjik ini mulai ketinggalan.

3

Perlu diingat, dikutip dari Motor1, 22 Agustus, bahwa mobil listrik cenderung kehilangan tenaga lebih cepat daripada mobil dengan mesin pembakaran internal, sehingga balapan yang lebih panjang mungkin akan menghasilkan hasil yang berbeda.

Meskipun lebih berat dari kedua lawannya, dalam uji pengereman, MG memenangkan tes pengereman dengan jarak pengereman terpendek. XPower memiliki rem yang lebih besar di kedua sumbu, dilengkapi dengan rem caliper sport merek SAIC yang mengklaim bahwa mobil listrik ini dapat berhenti dari 100 km/jam menjadi 0 km/jam dalam jarak 33,9 meter.

MG4 XPower memang masih kalah dalam beberapa aspek, performa dan pengereman impresifnya menunjukkan potensi kendaraan listrik dalam dunia otomotif yang terus berkembang.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)