JAKARTA - Kabar gembira bagi para pecinta dan pemerhati mobil Mini di seluruh dunia. Brand otomotif dari Inggris ini mengumumkan debut dari model Cooper John Cooper Works (JCW) terbaru. 

Sebelum peluncurannya, hatchback ini akan dilajukan di lintasan balap dalam gelaran 24 Hours Nurburgring 2024.

Melansir laman BMW Group, Senin, 20 Mei, Cooper JCW terbaru ini akan membalap dengan mesin bensin dibaluti dengan livery kamuflase khusus yang dirancang oleh divisi desainer Mini.

Skema warna kamuflase yang dipilih ialah putih dan merah ikonik sekaligus memberi penghormatan pada Mini klasik yang pernah terjun ke ranah motorsport pada era tahun 1960an.

Ini terinspirasi dari mobil Mini Cooper S yang memenangkan gelaran Rallye Monte Carlo 1964 atau 60 tahun yang lalu yang dimenangkan oleh Paddy Hopkirk. Selain itu, Cooper JCW terbaru juga tampilkan nomor “37” yang pernah dipakai oleh pembalap dari Inggris ini.

Mini Cooper JCW dengan nomor peserta #317 ini akan diikutsertakan oleh tim balap independen, Bulldog Racing dalam gelaran di Nurburgring Nordschleife, Jerman dalam kategori SP 3T.

4

Dinamakan sebagai “Mini John Cooper Works PRO”, mobil balap ini mewakili perpaduan sempurna antara desain ikonik dari brand tersebut dengan kemampuan Bulldog Racing dalam kehandalannya mempersiapkan mobil balap di lintasan.

Mobil kedua dengan nomor #474 akan mengusung warna hitam dibekali transmisi manual dan akan bersaing dalam kelas VT2. Tahun lalu Bulldog Racing memperoleh podium dalam kategori tersebut.

Gelaran 24 Hours Nurburgring 2024 akan diselenggarakan pada 1-2 Juni mendatang. Sementara itu, Cooper JCW terbaru akan diperkenalkan secara “world premiere” pada musim gugur ini.

Meskipun spesifikasinya belum diungkap, kemungkinan mobil tersebut akan mengambil basis dari Cooper S terbaru dengan mesin 2,0 liter turbocharged 4-silinder yang diperkirakan memiliki tenaga 201 dk.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)