YOGYAKARTA - Belakangan tengah viral berita netizen sekeluarga yang dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) karena keracunan setelah makan ikan tuna yang dicampur dengan susu evaporasi dan santan. Nah, kali ini kita bakal membahas terkait kandungan susu evaporasi, simak sampai selesai, ya!

Pasalnya, susu evaporasi sendiri merupakan salah satu jenis yang sekarang ini banyak diperjualbelikan di masyarakat. Susu evaporasi merupakan produk susu yang sudah melalui pemrosesan khusus yang menghilangkan sebagian besar air yang terkandung di dalamnya.

Pemrosesan dengan metode pemanasan itu membuat sekitar 60 persen kandungan air dalam susu menguap serta menciptakan susu yang lebih kental dengan warna lebih kekuningan dibanding susu biasa. Secara umum, proses pembuatan susu evaporasi dimulai dengan memanaskan susu segar di wadah tertutup dalam tekanan rendah.

Dari proses pemanasan ini, suhu yang tinggi bakal menimbulkan kandungan air dalam susu menguap. Hasilnya yaitu susu dengan tekstur lebih tebal ataupun kental. Seusai pemanasan, susu kental tersebut bakal didinginkan serta dikemas dalam wadah buat didistribusikan.

Ilustrasi Susu evaporasi (Gambar  Eiliv Aceron-Unsplash)
Ilustrasi Susu evaporasi (Gambar Eiliv Aceron-Unsplash)

Kandungan Susu Evaporasi

Susu evaporasi merupakan tipe susu yang melalui proses evaporasi ataupun penguapan. Proses evaporasi bakal mematikan bakteri dalam susu dan membuat tekstur susu jadi pekat dengan rasa creamy.

Susu evaporasi mempunyai bermacam-macam kandungan nutrisi yang baik buat badan. Dalam 1 gelas ataupun sekitar 250 ml susu evaporasi, ada sekitar 345 kalori dengan kandungan nutrisi lain, seperti:

  • 600 mg kalsium
  • 490 mg fosfor
  • 350 mg natrium
  • 25 gr karbohidrat
  • 20 gr lemak
  • 17, 5 gr protein

Tidak hanya itu, susu evaporasi pula memiliki zat besi, vitamin A, B, serta C, walaupun dalam jumlah yang tidak begitu banyak.

Susu Evaporasi dan Khasiatnya buat Kesehatan

Walaupun melewati proses pemanasan, susu evaporasi senantiasa memiliki nutrisi yang tinggi, semacam protein, kalsium, dan fosfor. Berikut ini adalah bermacam-macam khasiat susu evaporasi untuk kesehatan:

I. Menjaga Fungsi dan Kesehatan Mata

Mengkonsumsi susu evaporasi bisa melindungi kesehatan mata sebab memiliki vitamin A. Vitamin ini berfungsi dalam pembuatan pigmen khusus di mata yang dibutuhkan buat ketajaman penglihatan. Kekurangan vitamin ini menimbulkan rabun senja serta kebutaan.

Tidak hanya itu, vitamin A pula sanggup menurunkan resiko terbentuknya rabun jauh serta mencegahnya bertambah parah.

Tetapi, jangan cuma mengandalkan susu evaporasi buat penuhi kebutuhan vitamin A serta melindungi kesehatan mata, ya. Konsumsi pula berbagai makanan tinggi vitamin A yang lain, semacam telur, wortel, serta sayur-mayur berdaun hijau, buat mencukupi asupan vitamin A.

II. Menaikkan Stamina

Susu evaporasi memiliki protein serta lemak baik yang dibutuhkan badan buat membentuk stamina. Dengan tenaga yang cukup, stamina badan bakal bertambah sehingga Kalian dapat lebih bersemangat serta tidak gampang letih saat olahraga ataupun melaksanakan bermacam kegiatan sehari-hari.

III. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi susu evaporasi bisa tingkatkan daya tahan badan sehingga tubuh lebih kuat melawan penyakit. Ini berkat kandungan vitamin A serta vitamin C di dalamnya. Tidak hanya selaku antioksidan, vitamin A serta C berfungsi dalam produksi sel darah putih yang bertugas melindungi tubuh dari penyakit infeksi, termasuk batuk ataupun pilek.

IV. Mencegah Osteoporosis

Susu evaporasi memiliki kalsium serta fosfor yang lebih tinggi daripada susu segar. Dalam 1 gelas ataupun 250 ml susu evaporasi, terkandung sekitar 600 mg kalsium serta 490 mg fosfor. Dalam takaran yang sama, susu segar hanya memiliki sekitar 360 mg kalsium serta 150 mg fosfor.

Kalsium serta fosfor ialah mineral penting buat melindungi kesehatan tulang serta gigi. Bersama dengan protein, kalsium serta fosfor berfungsi dalam melindungi kepadatan tulang. Perihal inilah yang menjadikan konsumsi susu evaporasi bisa mengurangi resiko terbentuknya osteoporosis.

Tidak hanya mengkonsumsi sumber kalsium serta fosfor, semacam susu evaporasi, pencegahan osteoporosis bakal lebih efisien bila diiringi dengan berolahraga secara teratur.

V. Menjaga Kesehatan Jantung

Produk susu sapi, termasuk susu evaporasi, kaya akan kalsium yang bisa menurunkan kandungan kolesterol jahat. Beberapa riset melaporkan kalau asupan kalsium yang cukup bisa menurunkan kandungan lemak jahat (LDL) serta tingkatkan kadar lemak baik (HDL). Dengan begitu, kesehatan jantung bakal lebih terpelihara.

Walaupun demikian, susu evaporasi pula memiliki lemak yang tinggi. Oleh sebab itu, Kalian tetap dianjurkan buat tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan.

Selain itu kalian juga perlu tahu alasan “Kenapa Orang Bisa Kolaps karena Minum Amer Campur Susu Kental dan Soda”.

Jadi setelah mengetahui kandungan susu evaporasi, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)