JAKARTA - Ketika ingin mengurangi berat badan, seringkali kita terbayangkan akan aktivitas yang berat dan membutuhkan waktu lebih. Apalagi di tengah padatnya situasi pandemi COVID-19 dan bekerja dari rumah yang membuat Anda terhindar dari aktivitas luar ruangan.

Sebenarnya, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan meskipun Anda sulit mengambil waktu untuk beraktivitas di luar rumah. Simak di sini ya!

Minum air putih

Pastikan Anda selalu meminum air putih setidaknya setengah jam sebelum jam makan baik itu siang atau malam. Dilansir dari Hindustantimes pada Senin, 24 Agustus, air dapat membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme sebanyak 24-30 persen. Bahkan menurut penelitian, orang yang minum air lebih banyak memakan sedikit kalori dibandingkan mereka yang tidak minum sebelumnya.

Air lemon sebagai pengganti

Air lemon sering digunakan sebagai minuman alternatif untuk menurunkan berat badan tanpa risiko. Lemon memiliki nutrisi, menghidrasi, dan meningkatkan metabolisme serta menurunkan kondisi penyakit seperti diabetes. Tidak butuh topping, air lemon dapat disajikan dengan hangat atau dingin. Anda juga bisa menambah daun mint atau 1 sendok madu untuk kesegaran yang lebih.

Makanan Pedas

Bagaimana bisa makanan pedas menurunkan berat badan? Penggunaan cabai dalam makanan yang mengandung capsaicin dalam menurunkan nafsu makan. Karena itu semakin banyak mengonsumsi makanan pedas membuat kita semakin terbiasa dengan kandungan capsaicin.

Waktu Tidur

Tidur seringkali dikesampingkan sebagai aktivitas utama oleh masyarakat namun nyatanya tidur memiliki elemen penting dalam menurunkan berat badan. Pada umumnya, tidur membutuhkan 8 jam sehingga jika Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan tersebut, Anda memiliki potensi 55 persen mengalami obesitas.

Anda bisa mengurangi berat badan dengan memprioritas jam tidur Anda secara normal serta menghindari begadang.

Olahraga

Rasanya tidak bisa tidak menyebut olahraga ke dalam cara untuk mengurangi berat badan. Mulai berolahraga dan melakukan kardio dapat menurunkan berat badan Anda secara maksimal. Tidak perlu aktivitas berat, Anda bisa memulai kebiasaan work-out dengan berlari, berjalan, bersepeda, atau berenang.

Inilah 5 langkah sederhana yang bisa Anda lakukan tanpa menghabiskan banyak waktu. Selain itu, mengurangi berat badan juga bisa meningkatkan kesehatan jiwa Anda. Selamat mencoba!


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)