GOWA - Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M. Fanshurullah Asa menemui Bupati Gowa, Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan untuk membahas persaingan usaha sehat dan pengawasan kemitraan.

"Kami datang menemui Bupati Gowa dalam penyusunan kebijakan dengan menggunakan Asesmen Kebijakan Persaingan Usaha (AKPU) yang juga sudah disinergikan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," ujarnya di Gowa, Sabtu.

Fanshurullah mengatakan data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Kemenkop UKM), total jumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia sebanyak 64,2 juta atau 99,99 persen dari jumlah pelaku usaha di Indonesia.

Menyadari besarnya potensi UMKM tersebut, pemerintah mengambil kebijakan untuk meningkatkan kapasitas usaha mikro dan kecil agar dapat naik kelas menjadi usaha menengah.

Dia menyatakan sejalan dengan potensi tersebut, KPPU kemudian meningkatkan peran dalam pengawasan kemitraan melalui sosialisasi, pendampingan dalam penyusunan kebijakan, serta melalui program Sejuta Penyuluh Kemitraan.

"Dari sisi kebijakan pun KPPU siap untuk melakukan pendampingan bagi kepala dinas terkait, dalam penyusunan kebijakan dengan menggunakan AKPU yang juga sudah disinergikan dengan Kemendagri," katanya.

Fanshurullah pun mengaku jika melihat besarnya jumlah UMKM di Kabupaten Gowa, KPPU berharap pola kemitraan berjalan secara sehat sehingga dapat turut meningkatkan kontribusi UMKM pada perekonomian Indonesia.

Untuk itu, KPPU mengharapkan dapat berperan sebagai fasilitator dalam mensinergikan UMKM dengan pelaku usaha besar di Kabupaten Gowa.

"Ke depannya KPPU dan Kabupaten Gowa dapat berkolaborasi melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dengan berbagai kegiatan sosialisasi kemitraan di wilayah Kabupaten Gowa, baik di sektor retail, pertanian, peternakan dan sebagainya,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan bahwa salah satu program prioritas Kabupaten Gowa adalah pemberdayaan dan peningkatan kapasitas UMKM melalui Klinik UMKM.

Klinik UMKM merupakan bentuk pendampingan Pemerintah Kabupaten Gowa bagi UMKM sehingga UMKM bisa naik kelas.

"Kami berterima kasih kepada KPPU jika mau mensinergikan Pemerintah Kabupaten Gowa dengan perusahaan untuk mencapai prioritas tersebut," kata dia.

Adnan menjelaskan bahwa Kabupaten Gowa merupakan kabupaten penyangga kota Makassar dengan penduduk terbanyak ketiga dan terluas kedua di Sulawesi Selatan.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)