Genjot Industri Hulu Migas, Kilang Pertamina Produksi Lumpur Pengeboran
Kilang Pertamina (Foto: KPI)

JAKARTA - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) terus berupaya menghasilkan produk-produk bernilai tinggi. Salah satunya dengan mengembangkan produk pendukung kegiatan hulu migas yaitu lumpur pengeboran Smooth Fluid (SF).

Corporate Secretary KPI Hermansyah Y Nasroen menjelaskan lumpur pengeboran ini sangat diperlukan dalam proses pengeboran untuk mengendalikan tekanan dari perut bumi. Sepanjang tahun 2023, sambung dia, PT Kilang Pertamina Internasional telah memproduksi SF sebanyak 212.500 barrel.

“KPI memiliki komitmen untuk terus mengembangkan kapabilitasnya dalam menghasilkan produk-produk berkualitas. Salah satunya dengan menghasilkan produk lumpur pengeboran yaitu SF. Saat ini SF telah diproduksi oleh tiga kilang milik KPI, yakni di kilang Dumai, Cilacap, dan Balikpapan,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat, 3 Mei.

Hermansyah mengatakan SF mulai pertama kali diproduksi di Kilang Unit Balikpapan pada tahun 2007 dengan produk SF-05 yang menjadi unggulan KPI dengan produksi mencapai 99 persen dari total produksi SF KPI tahun 2023 lalu.

Lebih lanjut, dia bilang angka produksi SF-05 bahkan mengalami peningkatan hingga mencapai 85 persen dibandingkan tahun 2022 dengan angka produksi 113.500 barrel.

“SF-05 terutama dipakai oleh Pertamina Group yang berlokasi di Kalimantan. Pada pertengahan Mei 2023 lalu, SF-05 juga dikirimkan ke Pertamina Hulu Rokan di Sumatera,” ujarnya.

Hermasyah bilang produk ini bahkan juga pernah diekspor ke Aljazair pada tahun 2019 untuk Pertamina Algeria EP (PAEP) yang merupakan anak usaha Pertamina Internasional EP.

“Pada saat itu, sebanyak 4.000 barel dikirim dalam kemasan 27 unit isotank berkapasitas masing-masing 5.000 liter,” jelasnya.

Selanjutnya, Kilang Unit Dumai juga telah memproduksi SF-02 sejak tahun 2016. SF-02 tercatat pernah digunakan oleh ENI Indonesia dan ConoccoPhillips. Melihat potensi pasar yang semakin besar, SF-02 diluncurkan ulang pada tahun 2022. Terakhir, Kilang Cilacap juga mampu menghasilkan produk SF pada 2022 dengan diluncurkannya produk SF-04.

“Kemampuan kilang-kilang KPI memproduksi produk bernilai tinggi seperti SF merupakan salah satu bukti pengembangan kemampuan dan kehandalan kilang yang terus menerus dilakukan. Lumpur pengeboran merupakan salah satu material penting dalam kegiatan pengeboran, dan KPI dapat menjawab tantangan tersebut dengan memproduksi produk SF,” kata Hermansyah.

Hermanyah juga menjelaskan beberapa keunggulan produk SF yang diproduksi oleh KPI. Dia bilang produk SF yang dihasilkan oleh KPI merupakan produk base oil yang memiliki karakteristik antara lain non-korosif.

“Dan kompatibel dengan peralatan pengeboran, mempunyai kestabilan yang baik dan tidak mudah teroksidasi dalam berbagai kondisi operasi," jelas Hermansyah.

Selain itu, SF juga mempunyai keamanan yang baik pada peralatan kerja, mempunyai keamanan yang baik di area lumpur, serta mempunyai kestabilan yang baik untuk penyimpanan jangka Panjang. Pemakaian SF yang terus meningkat juga menanandakan bahwa produk SF semakin diminati oleh perusahaan-perusahaan hulu migas.

“Selain karena kilang yang terletak di lokasi yang relatif dekat lokasi kegiatan hulu migas, pemakaian SF tentunya akan meningkatkan pemakaian produk dalam negeri terutama dalam industri migas,” tutup Hermansyah.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)