Dukung Pembangunan Nasional, Kementerian PUPR Buka 26.319 Formasi CPNS dan PPPK 2024
Ilustrasi - Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). (Foto: Dok. ANTARA)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah menyetujui formasi calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR mendapatkan jatah kursi sebanyak 26.319 formasi dalam rekrutmen CASN tahun ini.

Pada tahun anggaran (TA) 2024 Kementerian PUPR akan menerima 26.319 orang ASN dengan rincian 6.385 orang calon pegawai negeri sipil (CPNS) tenaga teknis, 3 orang CPNS tenaga kesehatan dan 19.931 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tenaga teknis.

"Kementerian PAN-RB sudah memberikan kesempatan, berarti sekarang tinggal upaya kami di Kementerian PUPR," ujar Basuki dikutip dari akun Instagram resmi @kemenpupr, Senin, 22 April.

Basuki menilai, saat ini di lingkungan Kementerian PUPR ada lebih dari 20.000 orang berstatus non-ASN. Sehingga hal ini perlu menjadi perhatian.

"Saat ini, kami masih punya sekitar 20.000 lebih non-ASN, 3.200 PPPK dan 19.000-an ASN. Kami harus selesaikan status 20.000 orang non-ASN," katanya.

Dia juga berpesan kepada para Eselon I di lingkungan Kementerian PUPR agar mendorong para pegawai non-ASN mendaftar formasi PPPK.

"Hal ini merupakan bentuk perhatian Kementerian PUPR terhadap status pegawainya," ucap Basuki.

Basuki juga berterima kasih kepada KemenPAN-RB yang telah menyetujui usulan formasi ASN Kementerian PUPR.

"Terima kasih Pak Menteri PAN-RB (Abdullah Azwar Anas) yang sudah memperhatikan kebutuhan di Kementerian PUPR. Mudah-mudahan dengan penyelesaian ini tidak hanya menerima 6.000 CPNS baru, tetapi juga menyelesaikan status non-ASN yang ada di Kementerian PUPR pada 2024. Mari tuntaskan semua di tahun ini," ungkapnya.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan persetujuan atas 26.319 usulan kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) milik Kementerian PUPR.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemenuhan usulan ini untuk mendukung prioritas pembangunan nasional yang dieksekusi langsung Kementerian PUPR.

"Hari ini kami menyerahkan formasi kepada Kementerian PUPR. Penyerahan ini merupakan komitmen Kementerian PAN-RB untuk terus mendukung berbagai prioritas pembangunan, salah satunya melalui penetapan kebutuhan untuk CPNS dan PPPK Kementerian PUPR Tahun 2024," kata Menteri Anas saat Penyerahan Izin Prinsip Formasi ASN Kementerian PUPR Tahun 2024 di Jakarta, Kamis, 19 April.

Anas mengatakan, Kementerian PUPR sebagai instansi yang bertanggung jawab dalam pembangunan infrastruktur, termasuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) memiliki dampak langsung (multiplier effect) terhadap peningkatan perekonomian dan pelayanan publik.

"Kementerian PAN-RB pun mendukung hal ini melalui penetapan kebutuhan untuk CPNS dan PPPK Kementerian PUPR Tahun 2024," ujarnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)