6 Langkah Sembuhkan Jerawat untuk Kamu yang Punya Kulit Kering

JAKARTA - Jerawat merupakan kondisi kulit umum yang sering dikaitkan dengan kulit berminyak. Namun, banyak orang dengan kulit kering mengalami jerawat. Kulit kering yang rentan berjerawat lebih sulit dirawat karena banyak produk perawatan jerawat cenderung membuat kulit semakin kering.

Namun, dengan rutinitas perawatan kulit yang tepat, merawat kulit kering dan rentan berjerawat adalah hal mungkin. Baca terus untuk mengetahui semua yang perlu Anda ketahui tentang cara mengatasi jerawat bagi pemilik kulit kering.

Cari produk perawatan non komedogenik

Menurut American Academy of Dermatology Association, disadur dari Healthline, Kamis, 1 Agustus, pori-pori tersumbat merupakan salah satu penyebab utama berbagai jenis jerawat. Seperti komedo hitam, komedo putih, dan jerawat batu.

Produk perawatan kulit tertentu, seperti tabir surya, mungkin lebih cenderung menyumbat pori-pori daripada yang lain. Jadi memilih produk perawatan wajah non komedogenik merupakan hal penting. "Non Komedogenik" berarti produk tersebut diformulasikan secara khusus agar tidak menyumbat pori-pori, yang dapat membantu mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

Hindari produk yang mengandung bahan yang mengeringkan

Alkohol dan aseton adalah dua bahan umum dalam produk penghilang jerawat. Sayangnya, produk ini dapat menghilangkan kelembapan alami kulit, yang selanjutnya dapat membuat kulit kering menjadi lebih kering.

Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk menggunakan produk yang mengandung asam salisilat, tea tree oil, dan niacinamida. Yang dapat efektif mengatasi jerawat tanpa menyebabkan kulit kering berlebihan.

Cari produk dengan kandungan pelembab

Pelembab sangat penting untuk kulit kering, dan sama pentingnya saat mengatasi jerawat. Menggunakan pelembap harian yang tidak akan menyebabkan timbulnya jerawat dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi tanpa menyumbat pori-pori.

Pelembab non komedogenik yang tidak mengandung bahan yang menyumbat pori-pori mungkin cocok untuk Anda.

Pastikan untuk menghindari:

  • lanolin
  • minyak mineral
  • petrolatum
  • minyak kelapa

Bahkan produk perawatan jerawat yang tidak mengandung bahan yang terlalu mengeringkan, seperti alkohol atau aseton, dapat mengeringkan kulit. Jadi mengisi kembali lapisan pelembap kulit Anda dapat membantu mencegah kekeringan lebih lanjut.

Pilihlah pelembap yang diformulasikan khusus untuk kulit kering dan sensitif yang mengandung bahan-bahan seperti gliserin dan shea butter, yang dapat membantu mengunci kelembapan.

Pilih produk khusus jerawat yang tepat

Saat merawat kulit kering dan rentan berjerawat, hindari produk keras yang dapat semakin mengeringkan kulit. 

Sebaliknya, pilih formula berbentuk losion, krim, atau salep. Menggunakan cairan atau pads dapat membuat kulit terlalu kering.

Eksfoliasi dapat menjadi tambahan ampuh untuk rutinitas perawatan kulit bagi kulit kering dan rentan berjerawat, karena dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori. Namun, menggunakan scrub yang keras dapat semakin mengiritasi kulit Anda yang sudah kering dan memperburuk jerawat.

Sebaliknya, pilih eksfoliator lembut, seperti eksfoliator kimia yang mengandung AHA BHA. Bahan-bahan ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dengan lembut dan mendorong pergantian sel tanpa menghilangkan minyak alami kulit Anda.

Jangan terlalu sering mencuci wajah

Pembersihan wajah merupakan langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit apa pun. Mencuci wajah membantu menghilangkan bakteri dan zat pengiritasi yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat, tetapi terlalu sering mencuci wajah dapat menyebabkan kulit kering. Pertimbangkan produk dengan kandungan bahan-bahan seperti asam hialuronat, yang dapat membantu menghidrasi kulit sekaligus menghilangkan kotoran dan minyak.

Minum banyak air

Minum banyak air dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dari dalam ke luar, terutama jika Anda memiliki jenis kulit kering. Tinjauan penelitian tahun 2018 menunjukkan bahwa meningkatkan asupan cairan dapat membantu mengurangi kekeringan pada kulit. Ini dapat menjadi masalah besar karena penelitian tahun 2011 menunjukkan bahwa memiliki kulit kering dapat menyebabkan produksi minyak berlebih, yang menyebabkan jerawat.

Berusahalah untuk menghidrasi tubuh secara teratur, dan pertimbangkan untuk memasukkan makanan yang menghidrasi, seperti semangka, mentimun, dan stroberi, ke dalam makanan Anda.