Rishi Sunak Komentari Calon PM Inggris Baru Keir Starmer: Pelayan Publik yang Layak

JAKARTA - Rishi Sunak telah resmi mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri (PM) Inggris usai Partai Konservatif yang dipimpinnya menuai hasil buruk pada Pemilu 2024.

Awalnya Sunak mengatakan telah memberikan sepenuhnya untuk jabatan yang diembannya sejak Oktober 2022 sebagai PM Inggris. Ia juga mendorong perubahan dalam Pemerintah Inggris.

“Kalian [rakyat] telah mengirimkan sinyal yang jelas bahwa pemerintah Inggris harus berubah. Penilaian kalian menjadi satu-satunya penilaian yang penting. Saya telah mendengar kemarahan kalian, kekecewaan kalian, dan saya bertanggung jawab atas kekalahan ini," kata Sunak di Downing Street yang hanya sepelemparan batu dari Gedung Parlemen Inggris, Jumat 5 Juli, dikutip dari News.com.au.

Sunak lantas memberikan penghormatan kepada Keir Starmer calon PM Inggris baru yang akan menggantikannya. Dia menggambarkan Starmer yang berasal dari Partai Biruh sebagai sosok yang dihormatinya.

"Pelayan Publik yang layak dan saya hormati,” katanya.

Hasil exit poll Pemilu Inggris 2024 mencatatkan Partai Buruh sebagai pemenang dengan raihan 412 kursi, disusul Partai Konservatif alias Tories hanya puas mendapat 120 kursi, kemudian Partai Demokrat Liberal memenangkan 71 kursi.