Persaingan Kiper Real Madrid untuk Final Liga Champions

JAKARTA - Kiper Thibaut Courtois memberi peringatan kiper kedua Andriy Lunin saat Real Madrid menghajar Deportivo Alaves 5-0 di pertandingan La Liga Spanyol. Dia pun memanaskan persaingan siapa yang bakal berdiri di bawah mistar di final Liga Champions.

Courtois telah pulih dari cedera lutut. Pelatih Carlo Anceloti pun kembali menurunkannya saat Madrid menghadapi Alaves dalam laga di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu, 15 Mei 2024 dini hari WIB.

Kiper tim nasional Belgia ini kembali membuktikan kepiawaiannya saat berdiri di bawah mistar. Courtois yang absen selama hampir satu musim kompetisi karena cedera lutut bermain cemerlang.

Dirinya melakukan penyelamatan tidak kurang 10 kali, termasuk menggagalkan peluang bagus Ianis Hagi.

Ini untuk kedua kalinya Courtois mampu menjaga gawang tak kebobolan atau clean sheet. Sebelumnya, dia juga mengamankan gawang saat Madrid menang 4-0 atas Granada.

"Saya berada dalam kondisi yang sangat bagus. Saya memaham bila ada yang ragu dengan kemampuan saya saat kembali bermain. Tetapi saya pastikan bakal kembali dengan lebih kuat," kata Courtois.

Courtois pun memberi peringatan kepada Lunin, rekannya, bila dia siap mengambil alih kembali sebagai kiper utama.

Menurut mantan kiper Chelsea ini dirinya hanya perlu menit pertandingan untuk memulihkan kemampuan dan gerak refleks.

"Saya tidak berbeda dengan Courtois sebelumnya. Bahkan saya sudah lebih baik lagi. Saya memang butuh lebih banyak pertandingan lagi. Saya perlu menghadapi lebih banyak tendangan [ke gawang]. Saya butuh sekali tendangan-tendangan jarak dekat atau tendangan cepat dan gerak refleks," ujar dia lagi.

Saat tim diliburkan usai pertandingan, Courtois mengaku tetap akan menjalani latihan. Dirinya sangat termotivasi untuk berdiri di bawah mistar saat menghadapi Borussia Dortmund di laga final Liga Champions di Stadion Wembley, London, 2 Juni 2024 dini hari WIB.

"Tim akan libur beberapa hari setelah pertandingan ini. Tetapi saya akan tetap berlatih. Saya juga senang bisa kembali bermain," ucapnya.

Ancelotti memang belum menetapkan siapa yang diturunkan di laga melawan Dortmund. Meski cenderung pada Courtois, namun dirinya jelas tak bisa mengabaikan Lunin yang bermain konsisten saat menggantkan Courtois.

Bahkan kiper timnas Ukraina ini sedikit diuntungkan karena sudah 'sangat panas' untuk bermain di laga krusial. Pasalnya dia sudah terbiasa menghadapi tekanan dan posisi Lunin tak ubahnya kiper utama.

Ancelotti masih akan melihat performa kedua tim pada dua laga terakhir melawan tuan rumah Villarreal dan kemudian menjamu Real Betis di laga pamungkas liga.

"Yang jelas, kami masih punya dua pertandingan lagi di La Liga. Lunin akan turun di satu pertandingan dan Courtois bermain di pertandingan yang lain," ucap Ancelotti.

Di laga melawan Alaves, kemenangan Madrid dibuka Jude Bellingham. Pertandingan baru berjalan 10 menit, Bellingham sudah membobol gawang tim tamu.

Selanjutnya, striker Vinicius Junior mencetak brace. Sedangkan dua gol lagi dihasilkan Federico Valverde dan pemain muda Arda Guler.

Bellingham kembali mencetak gol dan membuat assist dalam satu laga. Ini untuk keempat kali peman timnas Inggris tersebut melakukannya atau paling banyak di antara pemain lain di musim ini.