Kesan Singkat Berkendara dengan Toyota Yaris Cross Varian Tertinggi di IIMS 2024

JAKARTA - Diluncurkan pada Mei tahun lalu, Toyota Yaris Cross melengkapi jajaran Sport Utility Vehicle (SUV) tanah air. Tidak hanya menjadi kendaraan yang praktis, model ini juga memperkuat rekam jejak merek asal Jepang dalam menghadirkan lebih banyak kendaraan rendah emisi.

Melalui PT Toyota-Astra Motor, mobil ini hadir di Indonesia dalam beberapa varian, mulai dari ICE hingga Hybrid Electric Vehicle (HEV). Untuk opsi bergaya sporty yang menarik perhatian, perusahaan menyediakan varian tertinggi HV CVT GR Parts Aero Package.

VOI berkesempatan mencoba berkendara secara singkat model tipe tertinggi dalam acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, pada Kamis, 22 Februari. Bagaimana impresi berkendaranya? Berikut ulasan singkatnya:

Interior yang Nyaman

Mobil ini memiliki desain kabin yang nyaman bagi penumpang maupun pengemudi. Tidak hanya itu, varian ini menampilkan interior yang sporty dengan sentuhan ‘GR’ di dalamnya pada bagian setir, jok, serta beberapa bagian lainnya. Posisi mengemudi juga sangat ergonomis bagi pengendara dengan postur sekitar 170 cm. Sementara itu, kursi penumpang belakang juga sangat nyaman diduduki, menyediakan ruang yang lega untuk perjalanan jarak jauh.

Rasa Berkendara

Selain menonjolkan kenyamanan, Toyota Yaris Cross juga memiliki pengendalian yang impresif baik ketika berbelok maupun berlurus. Ketika melewati rintangan marka jalan, mobil tersebut dapat melaluinya dengan sangat baik berkat setir yang responsif. SUV ini juga memiliki suspensi yang empuk, sehingga tidak mengalami guncangan yang keras saat melewati rintangan jalanan bergelombang maupun menanjak.

Performa Mengesankan

SUV tersebut memiliki mesin 1,5 liter 4-silinder yang digabungkan dengan berpenggerak listrik serta baterai lithium-ion, sehingga mampu menghasilkan tenaga hingga 111 dk. Ketika diinjak pedal gas secara perlahan, mobil ini berjalan dengan cukup senyap. Namun ketika pedal gas diinjak dengan keras, mobil ini memberikan respons instan dan mampu berakselerasi dari 0 ke 50 km/jam dengan cepat.

Kesimpulan

Bersaing dengan Honda HR-V, Mazda CX-3, serta Chery Omoda 5, Toyota Yaris Cross menjadi sebuah ancaman dalam kelas subkompak SUV dengan kenyamanan dan kesenangan dalam berkendara. Tidak hanya cocok untuk penggunaan perkotaan, mobil ini juga cocok untuk perjalanan jauh antar kota. Terlebih lagi, SUV tersebut dibekali dengan sistem hybrid yang memiliki kemampuan efisiensi bahan bakar yang maksimal.

Berbicara soal harga, Toyota Yaris Cross HV CVT GR Parts Aero Package dibanderol dengan harga mencapai Rp440,6 juta On The Road Jakarta.