PSSI Rekrut Pelatih asal Jepang untuk Tangani Timnas Wanita Indonesia

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, membeberkan soal pelatih anyar untuk Timnas Wanita Indonesia. Juru taktik yang baru ditunjuk ini berasal dari Jepang dan siap bergabung pada Februari 2024.

Sebelumnya, Timnas Wanita Indonesia ada di bawah asuhan Rudy Eka Priyambada. Namun, kerja sama dengan pelatih 41 tahun itu selesai pada 2021.

Selepas ditinggal Rudy, PSSI belum menunjuk pelatih pengganti. Kini, kursi pelatih Timnas Wanita Indonesia akhirnya mulai menemukan titik terang setelah lama kosong.

Keputusan menunjuk pelatih baru itu diambil seiring dengan terus berkembangnya sepak bola wanita Indonesia. Terbukti, sejumlah pemain putri berkiprah di kancah internasional.

"Sekarang, ada dua-tiga pemain kita main di luar negeri. Ada di Jerman, ada di Jepang, dan Arab Saudi. Karena itu, kami juga, insyaallah, tanggal 19 Februari 2024 pelatih Timnas Wanita Indonesia dari Jepang akan hadir," ujar Ketum PSSI selepas acara di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin, 22 Januari 2024.

Pada kesempatan yang sama, Ketum PSSI menegaskan bahwa federasi tak ingin hanya berfokus pada satu titik pengembangan kelompok tim nasional. Ia menyebut bahwa peningkatan kualitas tim nasional harus merata di semua level.

"Pertandingan FIFA Matchday itu jangan hanya terjebak di tim senior, tetapi tim juniornya harus main. Apalagi kita tidak boleh lupakan juga sepak bola wanita kita yang punya potensi," tuturnya.

Meski telah menjelaskan bahwa Timnas Wanita Indonesia bakal kedatangan pelatih anyar, Ketum PSSI masih enggan menguak lebih detail sosok yang dimaksud. Ia hanya menegaskan bahwa prestasi pelatih anyar ini cukup mentereng sebab pernah membawa Timnas Wanita Jepang melaju ke Piala Dunia.

"Pelatih yang sudah membawa Timnas Wanita Jepang ke Piala Dunia. Jadi, rekam jejaknya bukan pelatih yang asal kita ambil," katanya.