Konglomerat Thailand Frederick Chavalit Tsao Tambah Kepemilikan Saham di PSSI, Gelontorkan Duit Sebanyak Ini
Konglomerat asal Thailand, Frederick Chavalit Tsao. (Foto: Dok. The Peak Magazine)

Bagikan:

JAKARTA - Konglomerat asal Thailand, Frederick Chavalit Tsao, kembali menambah kepemilikan sahamnya di perusahaan pelayaran PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI). Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Selasa 5 Oktober, Frederick Chavalit membeli sebanyak 1,4 juta saham atau 0,0258 persen dari seluruh saham perseroan.

Dengan pembelian saham ini, saat ini Frederick Chavalit menggenggam 90,7 juta lembar saham milik PSSI, atau 1,6743 persen dari seluruh saham perseroan. Sebelumnya Tsao memiliki 89,3 juta saham atau 1,6485 persen saham di PSSI.

"Tujuan dari transaksi ini adalah investasi," kata Frederick Chavalit.

Meski begitu, tidak diungkapkan berapa nilai pembelian oleh Frederick Chavalit ini. Transaksi ini dilakukan di pasar reguler BEI pada tanggal 7-10 dan 13 September 2021.

Sebelumnya, pada Maret lalu, Frederick Chavalit sempat membeli 5,09 juta saham PSSI. Pembelian tersebut membuat kepemilikannya bertambah sebanyak 54,10 juta saham atau 0,99 persen kala itu.

Selain Frederick Chavalit, Direktur Utama PSSI Iriawan Ibarat juga menambah kepemilikan sahamnya di PSSI. Iriawan membeli sebanyak 1,5 juta saham PSSI secara bertahap, pada 3 dan 10 September 2021.

Dengan pembelian ini, Iriawan saat ini menggenggam sebanyak 8,5 juta saham PSSI, atau 0,1569 persen dari seluruh saham perseroan. Sama seperti transaksi yang dilakukan Frederick Chavalit, tidak disebutkan berapa nilai pembelian saham PSSI oleh Iriawan.

Harga saham PSSI pada perdagangan Selasa 5 Oktober pukul 10.10 WIB terpantau berada di level Rp310. Jika memakai harga ini, maka diasumsikan Frederick menggelontorkan Rp434 juta untuk aksinya ini.