PPKM Luar Jawa Diperpanjang Dua Pekan, Menko Airlangga: Sesuai Arahan Presiden Jokowi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan jika pemerintah memutuskan untuk memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa untuk dua pekan mendatang.

“Evaluasi PPKM di luar Jawa yang dilakukan assessment setiap pekan, dan hari ini 20 September adalah periode PPKM luar Jawa akan berakhir. Tadi sesuai dengan arahan Bapak Presiden akan dilakukan perpanjangan selama dua pekan ke depan, yaitu mulai 21 September sampai dengan 4 Oktober 2021,” ujarnya saat menggelar konferensi pers secara virtual, Senin, 20 September.

Menurut Airlangga, dirinya juga mendapat instruksi khusus dari Kepala Negara untuk memperhatikan betul varian baru COVID-19 serta upaya mitigasi yang dilakukan.

“Dalam ratas (rapat terbatas) Bapak Presiden mengingatkan untuk berhati-hati terhadap varian baru, yaitu MU dan Lamda. Kemudian juga harus memperketat pintu-pintu masuk baik dari darat, udara, dan laut. Ini tentunya melibatkan seluruh stakeholders untuk mengatasi varian-varian baru tersebut,” tuturnya.

Airlangga menambahkan, pemerintah akan tetap memperkuat penggunaan aplikasi PeduliLindungi guna meningkatkan penanganan pandemi di dalam negeri. Selain itu, ada wacana untuk mengintegrasikan sistem tersebut dengan sistem serupa secara umum agar proses pengawasan dapat lebih optimal.

“Penggunaan aplikasi PeduliLindungi harus digunakan secara insentif. Kemudian platform ini akan diintegrasikan dengan aplikasi sejenis secara global,” katanya.

Lebih lanjut, Airlangga diminta Presiden secara khusus untuk menggenjot program vaksinasi di sejumlah daerah di luar Jawa, utamanya di kawasan yang masih rendah dalam penyaluran.

“Wilayah vaksinasi yang rendah, Bapak Presiden memberi perhatian pada Sumatera Barat dan Lampung agar terus ditingkatkan, sehingga angka minimal 25 persen bisa dicapai,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan perpanjangan PPKM di Jawa-Bali.

“Melihat perkembangan yang ada, maka perubahan PPKM level diberlakukan selama 2 pekan untuk Jawa Bali, namun evaluasi tetap dilakukan setiap minggunya untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi begitu cepat," ucap dia.