Kabar Gembira dari Menaker Ida Fauziyah: Penyaluran Bantuan Gaji Sudah Disalurkan kepada 4,6 Juta Pekerja
Menteri Tenaga Kerja RI, Ida Fauziyah. (Foto: Dok. Kemnaker)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mencatat jumlah bantuan subsidi gaji/upah (BSU) telah tersalurkan kepada 4,6 juta pekerja hingga 16 September. Ida merinci bantuan kepada 2.301.976 pekerja ditransfer ke rekening pribadi dan 2.309.840 pekerja melalui rekening kolektif di Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Ida mengatakan khusus untuk Banten sendiri jumlah Penerima BSU sebanyak 214.308 pekerja atau buruh dan lebih spesifik lagi untuk Tangerang Selatan jumlah penerimanya sebanyak 34.687 orang pekerja atau buruh.

"Kami berharap kepada para Bank Himbara agar proses penyaluran BSU ini bisa rampung pada akhir bulan Oktober ini, maka dari itu untuk mempercepat penyalurannya Bank Himbara saat ini melakukan jemput bola terkait aktivasi pembukaan rekening," tuturnya dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat, 17 September.

Sekadar informasi, Kementerian Ketenagakerjaan menargetkan bantuan subsidi upah atau BLT BPJS Ketenagakerjaan seluruhnya cair pada Oktober 2021. Penyerahan data pekerja calon penerima BLT dari BP Jamsostek kepada Kementerian Ketenagakerjaan sudah mencapai 5,5 juta dari total 8,7 juta pekerja.

Kriteria penerima BSU pada 2021 berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 tahun 2021, yakni Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki upah di bawah Rp3,5 juta, serta berada di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4.

Sementara itu, Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN mewakili Dirut Utama BRI, Agus Noorsanto mengaku bangga dapat turut menyukseskan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang salah satunya merupakan program bantuan subsidi upah.

"Sinergi kerja sama antara BRI dan Kemnaker terkait penyaluran BSU ini merupakan tahun kedua yang dimulai pada tahun 2020 dan 2021, di mana hingga hari ini total penyaluran dana yang telah disalurkan oleh BRI yakni sekitar 1,3 juta penerima BSU," ucap Agus.