Prakerja Gelombang 20 Terbatas, Simak Caranya Supaya Tidak Gagal
Foto; Istagram pkrajerja.go.id

Bagikan:

JAKARTA - Kabar baik untuk masyarakat Indonesia, program Kartu Prakerja gelombang 20 sudah dibuka. Pendaftarannya mulai dibuka pada Kamis, 9 September pukul 12.00 WIB.

Gelombang kali ini terbatas. Hanya diberikan untuk 800.000 orang penerima. Maka bagi kalian, segera daftarkan diri. Tapi, jangan terburu-buru. Teliti dengan cermat data Anda. Tujuannya agar Anda lolos.

Bagi Anda yang belum paham bagaimana mendaftarkan diri, kami mencoba menyajikan caranya. Berikut adalah langkah mendaftar Kartu Prakerja: 

1. Buka laman www.prakerja.go.id untuk membuat akun dan mengikuti seleksi Kartu Prakerja. Jika sebelumnya sudah pernah mendaftar tak perlu membuat akun baru.

2. Isi alamat email, membuat password yang terdiri dari minimal 6 karakter, dan konfirmasi password (ketik ulang password).

3. Kemudian centang pernyataan di bawahnya, lalu klik "Buat Akun".

4. Lakukan verifikasi akun melalui email yang telah didaftarkan.

5. Buka email tersebut dan lakukan verifikasi dengan klik tautan yang telah dikirimkan via email. Akun Kartu Prakerja pun telah aktif.

6. Setelah berhasil daftar akun dan login ke akun, halaman selanjutnya adalah dashboard akun. Namun, peserta hanya bisa melanjutkan pendaftaran dengan mengakses via browser ponsel. Jika peserta mengakses menggunakan komputer, segera masuk ke akun melalui browser ponsel masing-masing.

7. Lengkapi data diri berupa KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik "Lanjutkan". Pastikan data yang dimasukkan sudah sesuai Pastikan juga nama lengkap dan nama ibu kandung yang dimasukkan sudah sesuai.

8. Unggah foto KTP. Pastikan mengunggah foto yang diambil langsung dari kamera ponsel Jika data yang dimasukkan sudah sesuai.

9. Verifikasi nomor telepon Klik "Kirim" Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke nomor ponsel. Klik "Verifikasi". Lalu isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

10. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik "Oke".

11. Lakukan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar Klik "Mulai Tes Sekarang"

12. Pilih gelombang, lalu klik "Gabung" Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan gelombang. Bila sudah sesuai, klik "Ya, Gabung" Akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Peserta harus klik "Saya Menyetujui" untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya Tahap pendaftaran selesai.

Sementara itu, dilansir dari Instagram @prakerja.go.id, dipaparkan cara untuk mendaftarkan program ini bisa sudah memiliiki akun.

ㅤㅤ

Bagi Sobat yang akunnya sudah terverifikasi, lanjutkan dengan proses berikut:ㅤㅤ

1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu

3. Masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar

4. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online

5. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka

6. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS

Dijelaskan dalam akun Instagram @prakerja.go.id, pembukaan gelombang akan berlangsung beberapa hari, jadi tidak perlu buru-buru. Kemudian, pendaftar juga diminta untuk mengisi data diri dengan benar.

"Proses seleksi tidak berdasarkan siapa yang mendaftar pertama," kutip keterangan tersebut.

Informasi lengkap seputar pendaftaran dapat dibaca di www.prakerja.go.id/tanya-jawab