Roy Suryo: Sekarang Era <i>Marketplace</i>, Siapapun Bisa Jadi <i>Entreprenuer</i>
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerhati Multimedia & Telematika Roy Suryo mengatakan, saat ini adalah era baru perkembangan teknologi, Menurutnya, teknologi telah mempermudah manusia dalam bertransaksi dan berbisnis sehingga siapapun bisa saja menjadi seorang entreprenuer.

"Ini lah era marketplace, era di mana bisa menjadi produsen sekaligus konsumen. Bisa berkarya, bisa bekerja, bisa memanfaatkan apa yang ada jualan melalui Instagram atau di Facebook. Ini lah perkembangan mulai dari jualan di lapak pasar waktu itu, sampai dengan era marketplace sekarang," ujar Roy Suryo dalam Seminar Merajut Nusantara bertemakan "Menyiapkan Generasi Bangsa Yang Unggul Dengan Internet Yang Sehat dan Produktif" yang diadakan oleh BAKTI Kominfo, dikutip Senin 3 Mei.

Roy Suryo menambahkan, maka dari itu, siapa saja bisa menjadi seorang pebisnis atau entreprenuer. Apalagi, pasar di Indonesia sangat besar, di mana pengguna internet dan media sosial selalu meningkat setiap tahunnya.

"Ini tentu peluang besar seseorang bisa membuat perubahan, memberikan nilai tambah bagi diri sendiri dan orang lain," jelasnya.

Sebagai informasi, Bank Indonesia (BI) mencatat jumlah transaksi jual beli di perdagangan elektronik (e-commerce) mencapai Rp180,74 triliun per September 2020.

Direktur Eksekutif Bank Indonesia Erwin Haryono mengatakan nilai transaksi e-commerce pada 2019 menjadi yang tertinggi sejak 2017 lalu yakni sebesar Rp201 triliun. Tercatat, nilai transaksi e-commerce pada 2017 sebesar Rp44,75 triliun dan 2018 sebesar Rp106,5 triliun.

"Transaksi offline menurun. Ini masyarakat beralih transaksinya ke e-commerce," ucap Erwin dalam Indonesia Digital Conference, Selasa 15 Desember 2020.