Bagikan:

JAKARTA - PT Masdar Mitra Solar Radiance (MMSR) atau Solar Radiance yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Abu Dhabi Future Energy Company PJSC - Masdar dan PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP) kembali mengembangkan eksistensi portofolio-nya melalui peresmian PLTS Atap yang dipasang di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di wilayah Indonesia Timur yaitu Mall Panakkukang dan sebagai salah satu anak usaha dari D’Best Group.

Peresmian ini dilakukan secara langsung di Myko Hotel & Convention Center, Makassar pada Kamis, 24 Oktober 2024 dan dihadiri langsung oleh jajaran Direksi dan Dewan Komisaris MMSR, D’Best Group dan juga Manager Niaga PLN UIW Sulawesi Selatan Utara dan Barat.

Acara ini juga sekaligus menjadi salah satu hadiah terindah bagi Mall Panakkukang di ulang tahunnya yang ke 22. Dengan dilaksanakannya peresmian tersebut, dan sebagai salah satu Mall terbesar di Indonesia Timur, yaitu Mall Panakukkang mengambil langkah dalam memberikan kontribusi riil untuk energi hijau terbarukan di Indonesia & dalam mengurangi pemanasan global dunia.

"Mall Panakkukang akan berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon dan menjadi salah satu icon penggerak energi terbarukan di Makassar," ucap Operasional Director MMSR, Hans Kartika Putra.

Saat ini Pemerintah terus mendorong pemanfaatan energi surya secara masif. Pemerintah menargetkan bauran energi nasional sebesar 19,49 persen pada tahun 2024 dan optimis mampu mencapai 23 persen pada tahun 2025.

Proyek PLTS Atap Mall Panakkukang, Makassar ini sudah dilakukan pembangunan sejak bulan Juli 2024 dan rencananya akan beroperasi pada pertengahan bulan November 2024 dengan target kapasitas sebesar 1.24 MWp. Selama jangka waktu kerjasama, PLTS Atap Mall Panakkukang ditargetkan dapat menghasilkan 1,700 MWh/tahun yang diproyeksikan mengurangi emisi CO2 sebesar 22,501 metrik ton, yang setara dengan penanaman 577 ribu pohon atau perjalanan mobil sejauh 102 juta kilometer.

"Kami bangga dapat bekerjasama dengan Solar Radiance yang merupakan Joint Venture Company dari Masdar, which is one of the world's fastest-growing renewable energy company from UAE, dan Baramulti Group yang adalah salah satu Perusahaan Energi terkemuka di Indonesia. Kami percaya Solar Radiance akan bersama merealisasikan road map D'Best group untuk energi hijau terbarukan dari tahap pertama ini 1,700 MWh menuju target 15,000 MWh di tahun 2026 atau setara dengan 170,000 pohon yang berumur 10 tahun dalam menyerap karbon per-tahunnya.” ujar Business Development Director D’BEST GROUP, Soegianto.

Selanjutnya, President Commissioner MMSR & President Director MBAP, Khoirudin berharap dengan kerja sama dan sinergi seperti ini bisa terus terjalin dan ditingkatkan lagi ke depannya sehingga dapat bersama-sama memberikan kontribusi terhadap pengurangan emisi karbon di Indonesia.

"Bukan hanya itu sebagai bentuk dukungan dengan mengedepankan environmental, social, and governance (ESG) dedikasi kami terhadap tanggung jawab lingkungan merupakan bagian integral dari nilai dan identitas perusahaan. Dengan begitu kami berharap pertumbuhan ekonomi dan pemanfaatan energi berkelanjutan dapat berjalan selaras dan tentunya dalam operasional bisnis," jelasnya.

Kolaborasi ini dapat menjadi contoh dan penggerak untuk semangat baik bagi para pelaku industri dalam melaksanakan upaya transisi energi dan mencapai target net zero emission di Indonesia.