Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan kabar terbaru Autonomous Rail Transit (ART) atau trem otonom. Setelah sukses beroperasi pada HUT ke-79 RI, trem otonom kembali menjalani uji fase.

Kabar tersebut disampaikan Menhub Budi Karya Sumadi melalui unggahan video di sosial media Instagram @budikaryas.

“Ini kabar terbaru dari trem otonom. Setelah sukses beroperasi selama upacara peringatan HUT RI di IKN, saat ini trem otonom mash melalui pengujian Fase Operasi Trem Otonom atau Proof-of-Concept (POC),” tulis Budi dikutip Jumat, 27 September.

Budi mengaku menyaksikan langsung uji fase trem otonom di Kawasan Sumbu Kebangsaan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Dia menjelaskan bahwa pengujian dimaksudkan untuk lebih mengetahui kelayakan operasi trem otonom.

“Uji ulang atas Autonomous Rail Transit di Sumbu Kebangsaan berjalan mulus. Semoga kawan-kawan sekalian bisa merasakan bagaimana menikmati ART. Sampai jumpa di IKN,” tulis Budi lagi.

Setelah melewati uji fase trem otonom atau POC, sambung Budi, Kementerian Perhubungan melaui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) bersama otorita IKN akan melakukan evaluasi sebelum nantinya dipamerkan untuk umum.

“Semoga seluruh tahapan berjalan lancar,” tulis Budi.

Sebelumnya diberitakan, Budi menjelaskan bahwa rencana showcase alias unjuk kerja akan dilaksanakan pada 10 Oktober hingga 31 Desember 2024.

“Selama masa showcase, masyarakat dapat menikmati trem otonom secara gratis,” katanya.

Budi juga mengaku optimistis bahwa trem otonom pertama di Indonesia yang ada di IKN ini akan menjadi percontohan bagi kota-kota lainnya untuk menerapkan transpotasi massal modern ramah lingkungan.

“Kami optimis trem otonom dapat beroperasi dengan baik di IKN dan menjadi percontohan bagi kota-kota lain di Indonesia dalam menerapkan transportasi massal modern yang cerdas dan ramah lingkungan,” ujarnya.