Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) melaksanakan kegiatan Maybank Global Corporate Responsibility Day (Maybank Global CR Day) 2024 untuk mewujudkan masa depan yang berkelanjutan di Taman Literasi Christina Martha Tiahahu, Blok M, Jakarta melalui Program "Negeri di Awan", pada Sabtu 7 September.

"Negeri di Awan" merupakan program yang terintegrasi serta komprehensif dirancang khusus dengan melibatkan Maybankers (karyawan Maybank Indonesia) sebagai relawan dalam memberdayakan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, untuk meningkatkan literasi dengan pendekatan yang menarik dan menyenangkan.

Adapun, kegiatan Maybank Global CR Day tahun ini mengusung tema “Leading the Charge in Sustainability” dan merupakan acara puncak dari penyelenggaraan Maybank Sustainability Week 2024 yang telah dimulai dari tanggal 3 s/d 7 September.

Pelaksanaan Maybank Sustainability Week 2024 diisi dengan serangkaian kegiatan yang meliputi, Sustainability Talk dan Workshop, yaitu sesi diskusi dan lokakarya yang dirancang untuk memberikan wawasan mendalam tentang isu-isu keberlanjutan dan solusi praktis yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Selain itu, terdapat juga kegiatan Maybank Sustain Living Market, yakni pameran yang menampilkan produk-produk ramah lingkungan dan berkelanjutan yang berasal dari pelaku usaha kecil dan menengah yang menerapkan praktik bisnis secara bertanggung jawab, serta pelaksanaan Maybank Global CR Day dan Cahaya kasih melalui Program “Negeri di Awan”.

Maybank Sustainability Week 2024 merupakan penegasan komitmen Maybank untuk terus mendukung inisiatif keberlanjutan, dan mampu mengambil peran dalam mendorong inovasi serta tumbuhnya inisiatif-inisiatif yang berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat untuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Steffano Ridwan menuturkan, pelaksanaan Maybank Sustainability Week 2024 mencerminkan komitmen Bank dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman

tentang keberlanjutan.

"Selain membangun kesadaran terhadap keberlanjutan, kegiatan Maybank Sustainability Week 2024 ini juga merupakan sebuah selebrasi atas pencapaian kami dalam menanamkan gaya hidup berkelanjutan baik di tempat kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari para karyawan kami di tengah masyarakat," ujar Steffano yang hadir pada acara Maybank Global CR Day.

Begitu juga lanjut Steffano, pelaksanaan Maybank Global CR Day dan Cahaya Kasih 2024 melalui Program “Negeri di Awan” merupakan wujud upaya Maybank Indonesia untuk dapat menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

“Literasi yang baik tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung, tetapi membuka peluang ekonomi, meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan individu untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan masyarakat,” jelas Steffano.

Adapun fokus program literasi pada kegiatan Maybank Global CR Day dan Cahaya Kasih tersebut dipilih berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2024. Survei tersebut mengungkapkan bahwa tingkat literasi keuangan di Indonesia baru mencapai 65,43 persen, sementara tingkat inklusi keuangan mencapai 75,02 persen.

Selain itu, berdasarkan indeks membaca dan indeks berhitung dari Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2022, Indonesia berada di peringkat 72 dari 79 negara untuk kemampuan membaca dan peringkat 73 dari 79 negara untuk kemampuan berhitung. Hal ini menunjukkan perlunya upaya yang menyeluruh dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi, utamanya di kalangan anak-anak di Indonesia.

Kegiatan Global CR Day 2024 untuk Maybank Indonesia dilaksanakan serentak di 63 kantor cabang di seluruh Indonesia. Kegiatan yang berfokus pada literasi ini juga sangat sejalan dengan program GENCARKAN, yakni Gerakan Nasional Cerdas Keuangan, yang secara resmi telah dicanangkan oleh OJK pada tanggal 22 Agustus yang lalu, guna mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan secara masif dan merata di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini diharapkan mampu menjangkau 4.710 anak-anak, 500 ibu rumah tangga, 316 Sekolah Dasar, dan 4.740 guru, dengan dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Komunitas Penggerak Literasi, masyarakat dan Maybankers. Kegiatan ini merupakan bagian dari Pilar Pemberdayaan Pendidikan Maybank, yang juga

menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari program volunteering unggulan karyawan Maybank Group, yaitu Program Cahaya Kasih.

Tahun ini, Program Cahaya Kasih Indonesia akan melibatkan kunjungan rutin Maybankers ke berbagai fasilitas Taman Baca dan Sekolah Dasar yang sudah ditetapkan di seluruh wilayah Indonesia, dan akan berfokus pada serangkaian kegiatan dengan beragam tema seperti literasi digital dan literasi keuangan, kesehatan, penanggulangan bencana, dan lingkungan hidup bagi anak-anak, ibu rumah tangga dan guru.

Melalui program ini, Maybank Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup dan pendidikan masyarakat. Di tingkat global, kegiatan Maybank Global CR Day juga dilaksanakan secara serentak pada Sabtu 7 September di seluruh jaringan bisnis Grup melibatkan lebih dari 22.000 karyawan.

Chief Human Capital Officer Maybank Group Datuk (Dr) Nora Manaf, mengatakan bahwa Maybank Global CR Day yang ke-12 terus menunjukkan komitmen Maybank Group yang tidak hanya mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik lagi tetapi juga lingkungan, selaras dengan misi Maybank Group dalam Humanising Financial Services, yang ditegaskan oleh strategi M25+.

"Sebagai lembaga keuangan terkemuka di kawasan ASEAN, kami terus berupaya melaksanakan inisiatif tanggung jawab perusahaan dengan kolaborasi. Tahun ini, melalui tema "Leading the Charge in Sustainability", program dampak sosial kami dirancang untuk lebih mengatasi tantangan dan kebutuhan masyarakat, yang dipimpin oleh karyawan kami melalui program relawan karyawan Cahaya Kasih untuk secara konsisten dapat mengatasi masalah secara nyata. Program ini menunjukkan dedikasi kami untuk membuat perbedaan, dan dengan mengatasi masalah kritis dan mendukung mereka yang membutuhkan, kami berkontribusi pada dunia yang lebih adil dan penuh kasih," tutupnya.