Bangun Ambon New Port, Jokowi Ingin Jadikan Maluku Pusat Lumbung Ikan Nasional
Menhub meninjau lokasi pembangunan Ambon New Port dan Pelabuhan Perikanan Terintegrasi (ANTARA).

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah berencana menjadikan Maluku menjadi pusat lumbung ikan nasional (LIN). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan rencana itu sudah disiapkan dengan diawali pembangunan Pelabuhan Ambon atau Ambon New Port. 

"Kita tahu bahwa Indonesia bagian timur kaya dengan ikan, dan dalam laporan Menteri KKP banyak sekali hal yang bisa diefektifkan agar fungsi-fungsi penangkapan ikan itu bisa secara masif," katanya usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, di kantor Presiden, Jakarta, Senin 29 Maret. 

Menhub mengatakan, nantinya pelabuhan langsung terhubung dengan kawasan industri. Pemerintah, kata Budi, akan memulai pembangunan sesuai solicited. Artinya pemerintah akan memulai pembebasan tanah seluas 200 hektare dan mempersiapkan infrastruktur dasar. 

"(Kita mulai) mempersiapkan infrastruktur dasar, setelah itu pemerintah akan melakukan lelang KPBU, kerja sama antara pemerintah dengan swasta yang investasinya kurang lebih Rp5 triliun. Tahap awal untuk Rp1,3 triliun," tuturnya. 

Selain itu, kata Budi, ada peluang untuk menambah lahan menjadi seluas 900 hektare. Sementara itu, swasta akan membebaskan lahan seluas 700 hektare.  

Budi mengatakan pembangunannya diproyeksi berjalan selama dua tahun sembari membenahi Pelabuhan Yos Sudarso dan Pelabuhan Perikanan Nusantara yang sama-sama berada di Ambon. 

"Tetapi kita ingin merestruktur cara-cara penghitungan penangkapan ikan sehingga untuk 2 tahun ini kita bisa membuktikan," kata Budi. 

Menurut Budi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga memerintahkan kepada pihaknya untuk mempersiapkan. Proyek ini pun akan mendapatkan dukungan pendanaan dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). 

Sebelumnya, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, mengatakan Lumbung Ikan Nasional di Provinsi Maluku merupakan salah satu jalan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat wilayah Timur Indonesia. 

Menurut Trenggono, kawasan lumbung ikan nasional akan dibangun se-modern mungkin dengan mengusung konsep integrasi dari hulu hingga hilir. Dengan demikian, proses bisnis yang berjalan lebih efektif untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

"Saya mempersiapkan dari aspek ekonominya, jadi ekonominya adalah ikan dan yang berkaitan dengan biota laut. Ini yang sedang kita siapkan," ujar Trenggono.