Bagikan:

JAKARTA - Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur, bakal melayani penerbangan umrah pada akhir 2024 atau awal tahun 2025.

Untuk diketahui, PT Gudang Garam Tbk (GGRM) merupakan pengendali Bandara Udara Dhoho lewat anak usaha PT Surya Dhoho Investama (SDHI).

PT Gudang Garam Tbk telah menyuntikkan modal sebesar Rp15 triliun ke SDHI untuk pengembangan Bandara Udara Dhoho.

Direktur GGRM Istata Taswin Siddharta mengatakan, perseroan memiliki rencana untuk adanya penerbangan umrah lewat Bandara Udara Dhoho pada akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025.

“Kita juga memiliki wacana untuk memulai penerbangan umrah akhir tahun ini atau mungkin awal tahun depan tapi itu membutuhkan pengerjaan lebih lanjut dan waktu juga,” katanya dalam Public Expose Live 2024 Kamis, 29 Agustus.

Meski demikian, Istata menyampaikan bahwa perseroan harus menyiapkan sejumlah hal untuk menjalankan rencana tersebut. "Tapi semua itu proses yang membutuhkan pekerjaan lebih lanjut dan waktu juga," jelasnya.

Istata mengatakan hingga saat ini bandara udara Dhoho telah melayani penerbangan reguler dari Kediri ke Jakarta, dan dari Kediri ke Balikpapan.

"Saat ini kita sudah mulai ada regular flight dari Dhoho ke Jakarta, Dhoho balik ke Balikpapan. Dan kita harapkan itu akan terus berkembang," ujarnya.

Istata menyampaikan dana yang digunakan dalam pembiayaan proyek-proyek tersebut masih menggunakan dana internal namun tidak tertutup kemungkinan dalam mencari tambahan dana dari perbankan ataupun dari partner yang lain.

"Kami saat ini masih menggunakan dana internal untuk funding proyek-proyek tersebut. Walaupun tidak tertutup kemungkinan buat kami akan mencari tambahan dana dari perbankan ataupun dari partner yang lain," jelasnya.