Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) berkomitmen mempertahankan pembagian dividen untuk tahun buku 2024 kepada para pemegang sahamnya dengan payout rasio sebesar 60 persen dari laba bersih.

“Selama lima tahun terakhir bank Mandiri telah membagikan dividen yg baik di mana dividen pay out rasio secara konsisten kita bayarkan 60 persen dan tentunya ke depan kami ingin mempertahankan level tersebut,” ujar Direktur Keuangan Sigit Prastowo dalam konferensi pers secara virtual, Selasa, 27 Agustus.

Meski begitu, Sigit mengatakan manajemen juga akan tetap memperhatikan tingkat permodalan yang optimal. Sehingga dapat mendorong dan mendukung pertumbuhan bisnis jangka panjang yang berkelanjutan.

“Sekaligus ini juga bagian dari arahan dari kebijakan kementerian BUMN yang ingin memastikan bank Mandiri dapat men-support pertumbuhan kredit yang sehat dan agresif namun tetap dengan kecukupan modal yang baik,” ucapnya.

Pada tahun ini, Sigit menjelaskan perseroan telah membagikan dividen dari tahun buku 2023 sebesar Rp33 triliun kepada para pemegang sahamnya. Menurut Sigit, angka tersebut sangat besar.

”Kalau kita hitung yield-nya sebesar 6,5 persen dan ke depannya tentu kami akan mempertahankan konsistensi kinerja Mandiri group untuk dapat terus meningkatkan value kepada seluruh stakeholder,” jelasnya.

“Khususnya kepada pemegang saham supaya kita bisa memberikan dividen yang baik dan tentu kenaikan harga saham yang baik,” sambungnya.