Bagikan:

JAKARTA – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) serta didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kembali menyelenggarakan rangkaian acara Public Expose Live 2024.

Direktur Utama BEI Iman Rachman dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan memberikan transparansi sebagai upaya pelindungan investor dan sebagai pemenuhan kewajiban keterbukaan informasi kepada publik oleh perusahaan tercatat, selain itu kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari peringatan 47 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia.

Adapun, public expose livekali ini diadakan secara virtual selama 5 hari dari tanggal 26 - 30 Agustus 2024. Sebanyak 44 Perusahaan Tercatat berpartisipasi untuk melakukan pemaparan materi public expose dalam acara tersebut.

Selain itu, public expose live merupakan acara pemaparan umum perusahaan tercatat BEI untuk menjelaskan update kinerja perusahaan sebagaimana diatur dalam Peraturan Bursa Nomor I-E tentang Kewajiban Penyampaian Informasi. Beberapa hal yang akan dipaparkan di antaranya adalah telah kinerja keuangan dan rencana-rencana atau upaya untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Iman menambahkan public expose live merupakan salah satu kesempatan berinteraksi antara investor dengan perusahaan tercatat dan dapat meningkatkan pemahaman investor terkait kondisi perusahaan tercatat. Selain itu juga sebagai pemenuhan kewajiban public expose tahunan oleh Perusahaan Tercatat.

“Kami yakin dengan wadah yang diberikan, dapat semakin menumbuhkan rasa kepercayaan investor terhadap pasar modal, khususnya perusahaan tercatat yang turut serta dalam acara public expose live. Pada akhirnya hal ini akan memperkuat basis investor di Indonesia,” jelasnya dalam keterangannya, Senin, 26 Agustus.

Sebagai informasi sejak tahun 2020, Public Expose Live sepenuhnya diselenggarakan secara virtual dan berlanjut sampai dengan tahun 2024. Peserta dapat mengikuti Public Expose Live secara gratis dengan melakukan pendaftaran melalui link: https://pubexlive.idx.co.id.

Iman menyampaikan target peserta Public Expose Live adalah investor, calon investor, analis perusahaan efek, manajer investasi lokal dan asing, perwakilan dari dana pensiun, perwakilan dari asuransi, serta wartawan media massa.

Selain itu, rangkaian acara public expose live 2024 juga termasuk penyelenggaraan konferensi pers oleh perusahaan tercatat kepada wartawan media massa.

Iman berharap public expose live 2024 dapat diikuti oleh banyak peserta dan dapat melampaui jumlah peserta pada penyelenggaraan Public Expose Live 2023 yaitu sebanyak 16.423 peserta.

"BEI mengajak masyarakat umum, termasuk investor untuk hadir dan mengikuti Public Expose Live 2024 agar mendapatkan informasi terkini perusahaan guna membantu pengambilan keputusan investasi," tuturnya.

Iman menyampaikan sehingga pada akhirnya diharapkan investor dapat mengambil keputusan investasi secara bertanggung jawab atau responsible investment decision, dengan selalu mempertimbangkan informasi secara komprehensif dan bersumber dari trusted person.