Bagikan:

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia memerintahkan seluruh pejabat Eselon I Kementerian ESDM untuk berkantor di Gedung Sekretariat Jenderal (Sekjen) ESDM Jalan Medan Merdeka Selatan.

Hal ini dimaksudkan agar dirinya dan para pejabat Eselon I dapat melakukan koordinasi secara lebih mudah.

"Untuk Dirjen saya umumkan di sini cari ruangan rapat di sini. Jangan masing-masing. Sudah tentu ini dari restu Pak Arifin (Tasrif). Roh nya tetap menjalankan pak Arifin, saya rasa senior saya ini orang baik saya mohon jangan ada gerakan tambahan lain di luar aturan," ujar Bahlil dalam sambutannya pada acara Serah Terima Jabatan di Gedung Kementerian ESDM, Senin, 19 Agustus.

Pasalnya, kata Bahlil, selama sisa masa jabatan Kabinet Indonesia Maju yang tinggal 2 bulan ini, dirinya memiliki sejumlah pekerjaan rumah yang masih harus diselesaikan saat menjabat sebagai Menteri ESDM.

Bahlil mengaku dirinya mendapat penugasan dari Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto selama sisa waktu dua bulan ke depan.

"Tadi saya sowan ke beliau pagi hari, (tugas Bahlil) adalah melanjutkan apa yang sudah dilakukan pak arifin terkait dengan optimalsasi peningkatan lifting minyak kita terhadap sumur-sumur idle yang sudah diberikan oleh SKK Migas," sambung dia.

Terkait hal tersebut Bahlil juga meminta Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati untuk melakukan pembicaraan mendalam terkait lifting minyak yang terus menurun sementara konsumsi BBM terus meningkat dari waktu ke waktu sehingga turut meningkatkan jumlah impor BBM dari luar negeri.

"Jadi Ibu Dirut Pertamina, ini kita harus bicara detail karena lifting kita turun terus, konsumsi naik, impor terus, barang kita ada," sambung Bahlil.

Bahlil juga menegaskan akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan Menteri ESDM sebelumnya, Arifin Tasrif, sembari membenahi sejumlah persoalan yang ada.

"Saya ini orang Papua. Pasti pejabat beda gaya. Jadi saya mohon maaf kalau dua bulan ini jangan tersinggung kalau suara saya keras. Tapi hatinya lembut," kata dia.