Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momentum hari ulang tahun (HUT) Ke-79 RI dengan melakukan refleksi atas kontribusi yang telah diberikan bagi bangsa dan negara.

"Saya kira ini momen yang sangat tepat untuk kami semua melakukan refleksi akan apa yang sudah kami berikan dan apa yang akan masih bisa kami berikan. untuk Republik ini," ujar Luhut dikutip dari video dalam akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan, Sabtu, 17 Agustus.

Melalui refleksi tersebut, Luhut meyakini masyarakat akan semakin terdorong untuk memberikan kontribusi nyata kepada Indonesia. Dia juga menegaskan perayaan HUT Ke-79 RI bukan hanya memperingati sejarah 79 tahun kemerdekaan Indonesia, tetapi juga sebagai tolok ukur untuk menilai perjalanan menuju visi Indonesia Emas 2045.

Menurut Luhut, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan merupakan tujuan bersama yang harus dicapai. Dia menekankan pentingnya menjaga kelestarian bumi yang akan diwariskan kepada generasi mendatang agar Indonesia dapat terus maju dan berkembang.

"Mari kami bersama menyongsong cita-cita bersama. Nusantara yang baru, Indonesia maju. Berdaya saing dan sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia," ajak Luhut.

Lebih lanjut, Luhut juga menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk membulatkan tekad bersama agar Indonesia dapat menjadi negara berpendapatan tinggi (high income country) pada 2030-2035.

"Selamat hari ulang tahun kemerdekaan dan jangan khianati apa yang sudah dikorbankan oleh para pahlawan kami," ungkapnya.