Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan progres terkini pembangunan Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Basuki bilang, berbagai fasilitas untuk menunjang Upacara 17 Agustus di IKN sudah siap, seperti air, listrik dan pendingin ruangan. Begitu pula dengan ruang sidang kabinet yang rencananya akan akan dipakai Jokowi untuk menggelar rapat di Istana Garuda.

"Termasuk, ruang tidur beliau (Joko Widodo). Mudah-mudahan nanti akan jadi nyenyak," ujar Basuki kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 8 Agustus.

Selain Istana Garuda, Basuki pun menyebut bahwa Istana Negara juga sudah siap digunakan bila Presiden jadi menggelar sidang di sana. Pria yang juga menjabat Plt Kepala OIKN itu menyebut hanya ada beberapa furnitur yang baru datang hari ini dan akan segera dipasang.

"Hanya ada beberapa furnitur yang baru datang hari ini, besok akan dipasang," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menuturkan, sidang kabinet paripurna yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju di Ibu Kota Nusantara, akan membahas antara lain soal transisi pemerintahan.

"Sidang kabinet paripurna biasanya akan membahas hal-hal yang lebih umum, sebagaimana sidang kabinet paripurna biasanya," kata Pratikno saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 6 Agustus.

Pratikno menjelaskan, seluruh menteri akan diundang untuk menghadiri sidang kabinet paripurna yang akan berlangsung di Istana Presiden IKN pada Senin, 12 Agustus 2024.

Menurutnya, pembahasan dalam sidang tersebut akan mencakup evaluasi pemerintahan di 2024, terutama pada tahun terakhir masa jabatan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Selain itu, sidang ini juga akan membahas perencanaan untuk tahun depan, termasuk transisi pemerintahan kepada presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.