Bagikan:

JAKARTA - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah diketahui sepakat untuk mengelola tambang yang ditawarkan pemerintah.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Konsolidasi Nasional yang digelar di Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu, 28 Juli 2024.

Untuk menjalankan tambang tersebut PP Muhammadiyah kemudian membentuk Tim Pengelola Tambang Muhammadiyah yang diketuai oleh Muhadjir Effendy yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

"(PP Muhammadiyah) menunjuk tim pengelola tambang Muhammadiyah yang terdiri atas Muhadjir Effendy MAP sebagai ketua," ujar Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti dalam Konferensi Pers PP Muhammadiyah yang dikutip Senin, 29 Juli.

Sementara anggotanya terdiri dari Muhammad Sayuti sebagai Sekretaris, dan anggota lainnya adalah Anwar Abbas, Hilman Latif, Agung Danarto, Ahmad Dahlan, Bambang Setidaji, Arief Budimanta, Nurul Yamin dan Azrul Tanjung.

"Tim memiliki tugas, wewenang dan tanggung jawab yang akan ditetapkan kemudian dalam Surat Keputusan PP Muhammadiyah." sambung Abdul.

PP Muhammadiyah juga menegaskan, dalam mengelola tambang tersebut pihaknya akan bekerja sama dengan mitra yang berpengalaman dalam mengelola tambang serta memiliki komitmen dan integritas yang tinggi dan keberpihakan kepada masyarakar dan persyarikatan melalui perjjian kerja sama yang saling menguntungkan.

"Pengelolaan tambang juga dilakukan dalam batas waktu tertentu dengan tetap mendukung dan mengembangkan sumber-sumber energi yanf terbarukan serta budaya hidup bersih dan ramah lingkungan," kata dia.