Bagikan:

JAKARTA - Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Silmy Karim menargetkan sebanyak 1.000 warga negara asing atau WNA bisa menerima Golden Visa hingga akhir 2024 ini.

Golden Visa merupakan jenis visa yang diberikan sebagai dasar pemberian izin tinggal dalam jangka waktu 5-10 tahun.

"Harapan kami tahun ini bisa 1.000 WNA yang mendapatkan Golden Visa," ujar Silmy kepada wartawan di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Kamis, 25 Juli.

Silmy mengatakan, Golden Visa ini ditargetkan untuk beberapa macam sektor investasi. Beberapa tokoh dunia sebelumnya telah juga diberikan visa khusus tersebut.

"Saat ini masih bermacam-macam karena ada Global Talent juga. Global Talent itu yang pertama founder-nya chatGPT, itu kan di bidang IT, kemudian tadi Shin Tae Yong dalam hal olahraga," katanya.

Selain target tersebut, Silmy bilang pihaknya juga akan menggencarkan sosialisasi ke beberapa negara yang menjadi prioritas. Mulai dari Singapura, China, hingga Amerika Serikat.

Selain atas dasar investasi atau penanaman modal, kategori Golden Visa juga bisa diberikan kepada tokoh yang mempunyai reputasi internasional dan dapat memberikan manfaat untuk Indonesia. Dalam memperoleh Golden Visa itu, harus diusulkan oleh instansi pemerintah pusat.

Pemegang Golden Visa bisa menikmati berbagai keuntungan, seperti jalur pemeriksaan dan layanan prioritas yang diberikan di bandara. Mereka juga bisa memiliki waktu tinggal lebih lama hingga 10 tahun. Keluar dan masuk ke Indonesia juga lebih mudah serta efisiensi karena tidak perlu lagi mengurus Izin Tinggal Terbatas (ITAS) ke kantor imigrasi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan Golden Visa. Golden Visa menjadi visa khusus yang bakal diberikan kepada investor asing dengan investasi besar untuk tinggal lebih lama di Indonesia.

Jokowi mengatakan, pemerintah ingin memberikan kemudahan bagi WNA untuk berinvestasi dan berkarya di Indonesia. Tentunya, warga negara asing yang diincar adalah warga-warga berkualitas, mulai dari pesohor, investor dan lain-lain.

"Kami akan luncurkan Golden Visa untuk beri kemudahan kepada WNA berinvestasi dan berkarya di Indonesia serta menarik lebih banyak good quality travellers," ujar Jokowi ketika meluncurkan Golden Visa di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Kamis, 25 Juli.

"Saya undang warga dunia untuk datang berinvestasi dan berkarya di Indonesia," sambungnya.