Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta kepada seluruh maskapai agar menggunakan teknologi canggih sebagai langkah antisipatif seusai server Microsoft Windows mengalami gangguan atau down yang berdampak pada kegiatan layanan beberapa maskapai.

"Maka yang akan datang kita minta para pengguna ini, selain menggunakan teknologi yang terbaik, juga ada back up-nya," kata Budi dilansir ANTARA, Minggu, 21 Juli.

Budi Karya menyampaikan, peristiwa gangguan tersebut dapat menjadi bahan evaluasi seluruh pemangku kepentingan, termasuk maskapai penerbangan yang ada di Tanah Air.

Dia mendorong, semua maskapai untuk selalu mempersiapkan diri dan melakukan langkah-langkah antisipatif dengan menggunakan teknologi canggih dan tidak hanya mengandalkan satu sistem saja dalam layanan operasional.

"Jadi, (harus) ada back up-nya, jadi tidak bisa mengandalkan satu sistem saja, tapi selalu ada back up," tuturnya.

Dia mengungkapkan, gangguan akibat Microsoft Windows yang down dirasakan oleh perusahaan maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC).

Menhub menyebutkan, dua maskapai yang paling terdampak gangguan tersebut yakni Citilink Indonesia dan PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP).

Meskipun Microsoft Windows sempat mengalami gangguan, dampaknya tidak terlalu masif terhadap operasional kedua maskapai tersebut.

Budi Karya memastikan, gangguan tersebut tidak mengakibatkan kerugian besar atau gangguan layanan yang signifikan bagi Citilink dan AirAsia.

Proses penanganan gangguan dilakukan dengan cepat dan efektif, sehingga dampaknya dapat diminimalisasi.

Citilink dan AirAsia, kata dia, telah berhasil memulihkan dengan baik meskipun sempat mengalami gangguan, kedua maskapai tersebut kini sudah kembali beroperasi secara normal.

"Ada (gangguan) tetapi tidak terlalu masif. Kemarin itu kan memang LCC (low cost carrier) yang kena, terutama di Citilink dan AirAsia sempat satu hari itu harus manual, tapi besoknya kita sudah recovery," pungkas Budi Karya.