Bagikan:

YOGYAKARTA - Pengusaha atau pemilik bisnis harus memikirkan strategi dan taktik dalam menjalankan bisnisnya. Kedua istilah tersebut kerap dianggap sebagai hal yang sama. Padahal definisi dari keduanya memiliki perbedaan yang mendasar dan harus dipahami oleh owner maupun tim bisnis. 

Istilah strategi dan taktik memang terkesan mirip. Kedua istilah ini berasal dari dunia militer yang telah digunakan secara menyebar di berbagai bidang kehidupan. Termasuk strategi dan taktik dalam sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan di pasar yang kain kompetitif. 

Strategi maupun taktik menjadi dua aspek penting dalam merencanakan sebuah bisnis. Strategi bisnis bersifat jangka panjang, sementara taktik merupakan langkah jangka pendek yang diambil. Kenali perbedaan strategi dan taktik bisnis dan bagaimana cara menerapkannya. 

Apa Itu Strategi?

Strategi berasal dari kata Yunani “stratÄ“gia” yang berarti seni mengarahkan pasukan, komando, jabatan, atau jenderal. Strategi dapat diartikan sebagai rencana umum untuk mencapai satu atau beberapa tujuan yang ditetapkan dalam jangka waktu tertentu.

Strategi menggambarkan apa tujuan secara keseluruhan atau jangka panjang Anda. Gambaran ini adalah rencana untuk apa yang ingin Anda capai, serta masalah yang ingin diselesaikan. Sangat penting menyusun strategi karena sumber daya yang tersedia seringkali terbatas untuk mencapainya.

Strategi melibatkan proses penetapan tujuan, memprioritaskan, mengidentifikasi tindakan untuk mencapai tujuan. Selain itu, strategi juga meliputi cara memobilisasi sumber daya untuk melaksanakan tindakan tersebut.

Apa Itu Taktik?

Taktik adalah langkah dan tindakan individu yang akan membawa Anda ke tujuan yang sudah direncanakan dalam strategi. Dalam konteks bisnis, taktik berarti tindakan spesifik yang diambil oleh tim untuk melaksanakan inisiatif yang dijelaskan dalam strategi.

Taktik yang efektif seringkali memiliki "maksud penerapan" spesifik yang menandakan kapan tindakan-tindakan tersebut harus digunakan. Taktik bersifat jangka pendek dan fleksibilitas taktik memungkinkan kita untuk beradaptasi sesuai kebutuhan. Memilih taktik yang paling tepat berguna untuk bisa mencapai tujuan strategis yang lebih besar.

Perbedaan Strategi dan Taktik Bisnis

Bisnis tanpa strategi bagaikan kapal yang berlayar tanpa tahu ingin mengarah ke mana. Sementara bisnis tanpa taktik ibarat kapal yang melakukan pelayaran tanpa tau cara untuk mencapai tujuannya. Itulah mengapa kedua hal tersebut harus diterapkan dalam sebuah bisnis agar bisa berjalan dengan lancar dan berhasil mengejar target. 

Strategi memiliki cakupan yang lebih luas daripada taktik. Sementara taktik merupakan hal yang ada di dalam sebuah strategi. Apapun yang memiliki tujuan atau target maka memerlukan strategi dan taktik. 

Bisnis seringkali dikenal sebagai permainan jangka panjang atau long game. Tentu saja, ada tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Permainan bisnis yang panjang membutuhkan berbagai persyaratan dan rencana matang untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Ketika Anda memiliki tujuan, perlu rencana terperinci untuk mencapainya. Pada titik ini, rencana berubah menjadi strategi karena kebutuhan untuk mewujudkannya. Oleh karena itu, hasil yang diharapkan dari tindakan tersebut adalah tercapainya tujuan jangka panjang.

Di sisi lain, taktik adalah tindakan yang dirancang untuk mencapai tujuan jangka panjang yang telah ditetapkan. Dalam beberapa kasus, ada taktik yang dirancang untuk menghadapi perubahan atau situasi yang tidak terduga. 

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan strategi dan taktik dalam bisnis. Strategi yang baik harus memiliki target yang jelas, berdasarkan data, dan disertai rencana cadangan. Sementara taktik yang baik harus sejalan dengan strategi dan memiliki ukuran dan tindak lanjut yang jelas. Baca juga strategi membangun networking bisnis

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.